Pos Bloc, Aktivasi Ruang Kreatif di Gedung Bersejarah

Bandung - Angin segar berhembus untuk industri kreatif pada tahun 2021 ini. Ya, sebanyak tiga ruang kreatif bakal tumbuh di tiga kota besar Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berita baik itu tersiar usai ditandatanganinya nota kesepahaman bersama antara PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos untuk menghadirkan beberapa ruang kreatif publik baru bernama Pos Bloc di tiga titik. Adapun ketiga titik tersebut antara lain Gedung Kantor Pos Pasar Baru (Jakarta), Gedung Kantor Pos Surabaya (Jawa Timur) dan Gedung Kantor Pos Medan (Sumatera Utara).

Acara penandatanganan bertempat di Point Lab, Graha Pos Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dalam penandatanganan ini, PT Pos Properti Indonesia diwakilkan oleh Handriani Tjatur Setijowati selaku Direktur Utama. Sementara itu, hadir pula Jimmy Saputro selaku Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Handoko Hendroyono selaku Komisaris Utama PT Ruang Kreatif Pos, Endro Tjahjono selaku GM Pengembangan Usaha dan Teknik serta Deni Hidayat selaku GM Operasi dari PT Pos Properti Indonesia.

Proyek Pos Bloc pertama yang segera dimulai pengerjaannya adalah Pos Bloc Jakarta. Setelah itu, kemudian bakal disusul pembangunan Pos Bloc Surabaya serta Pos Bloc Medan. Pos Bloc Jakarta itu sendiri rencananya akan memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru seluas 7.000 meter persegi milik PT Pos Indonesia menjadi sebuah pusat kreatif multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, dan pemberdayaan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah).



Baca Ini Juga Yuk: Asyik! Semarang Kini Punya Creative Hub, Ini Fungsinya

Nantinya, di dalam gedung bersejarah yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Bangunan Cagar Budaya tersebut akan hadir beragam UKM/UMKM dalam negeri yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fesyen, hingga kriya. Selain itu, berbagai program kolaborasi dengan berbagai komunitas kreatif telah dirancang pula untuk digelar di sana. Salah satu ruangan di gedung tersebut rencananya juga akan difungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House.

Direktur Utama PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setiowati menyebut kalau keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT Pos Indonesia. Sebagian dari aset tersebut merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda jaman kini merupakan satu keunikan tersendiri. Dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia, maka diharapkan Pos Bloc akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreatifitas mereka sehingga mampu menghasilkan karya-karya berdaya jual tinggi.

"Di tempat ini pula, Pos Indonesia akan berkolaborasi dengan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya jual karya kreatif mereka hingga mampu bersaing, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar internasional. Kenali dan cintai karya cipta anak bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat," ujar Handriani dalam keterangan resminya.

Sementara itu Jimmy Saputro selaku Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Pos Properti Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya.

"Semoga Pos Bloc dapat menjadi pengisi daya untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan tempatnya berada serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya," jelas Jimmy.

Ia juga memastikan kalau Pos Bloc akan menjadi wadah pemberdayaan UKM/UMKM Indonesia yang sudah siap naik kelas. Pihaknya juga telah membuka kesempatan lebar untuk berkolaborasi demi kesuksesan bersama.

Sebagai informasi tambahan, Proyek ini digarap oleh PT Ruang Kreatif Pos yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Radar Ruang Riang yang sebelumnya telah sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mengulas salah satu lokasinya di Jakarta, Pos Bloc Jakarta yang berlokasi Jl Pos No.2, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini sebelumnya merupakan gedung 'Post Telefon en Telegraf' bergaya arsitektural Kolonial yang dirancang oleh arsitek Belanda, J.F. von Hoytema dan dibangun selama 17 tahun lamanya (1912-1929). Pemerintahan kolonial Belanda di bawah Gubernur Jenderal H.W. Daendels pada abad ke-19 memindahkan pusat kota Batavia dari kawasan Kota Tua ke Weltevreden (sekarang dikenal sebagai Jakarta Pusat).

Pada masanya, kegiatan pemerintahan, perkantoran, perbelanjaan, kesenian, kebudayaan saat itu berpusat semuanya di Weltevreden. Tak heran jika tepat disamping gedung pos ini berdiri pula Schouwburg Weltevreden (kini Gedung Kesenian Jakarta) yang menjadi pusat pertunjukan drama, teater, sastra hingga film ternama pada jamannya. Mereka khusus membangun gedung layanan pos, telepon dan telegraf untuk masyarakat ini tepat di seberang Pasar Baru, sebuah kawasan Pecinan sekaligus pusat perbelanjaan elit Belanda yang dibangun sejak 1820.

Kabarnya, Pos Bloc di Jakarta sudah bisa beroperasi pada 17 Agustus 2021, bertepatan dengan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia. Wah ini tentu jadi kado ulang tahun yang istimewa, ya. Bagaimana TemanBaik? Sudah siap menyambut kehadiran ruang kreatif di kotamu?

Foto: dok. PT POS/POS BLOC

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler