Begini Cara Teman Netra Mengenalkan Huruf pada Anaknya

Bandung - TemanBaik, biasanya ada peran ibu yang membantu mengenalkan huruf pada anaknya sejak dini. Ini dilakukan sebagai proses awal sebelum anak bersekolah. Sehingga, sang anak punya pondasi untuk belajar membaca.

Namun, bagaimana seorang teman netra alias tunanetra mengajarkan anaknya yang bukan teman netra mengenal huruf? Mereka juga bisa loh melakukannya seperti orang lain pada umumnya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya, yuk!

Ketua Yayasan Bunda Netra Mandiri Popon Siti L. Arimansyah mengatakan setiap ibu tunanetra punya cara tersendiri untuk mengenalkan huruf hingga bisa membaca. Ia sendiri sudah mengenalkan huruf pada anaknya sejak berusia sekitar 1,5 tahun.

Ia membeli puzzle yang berbentuk abjad. Dengan cara itu, ia bisa tahu huruf apa yang dikenalkan pada anak perempuannya yang kini berusia 9 tahun.

"Kalau puzzle itu kan ada bentuknya, jadi blind mom's bisa tahu ini huruf A, B, C, dan seterusnya," ujar Popon.

Dengan menggunakan puzzle, proses mengenalkan huruf menjadi lebih menyenangkan. Sebab, di saat yang bersamaan, anak diajak untuk bermain sambil belajar mengenal huruf. Begitu juga ketika belajar soal angka, puzzle bisa digunakan agar si kecil memahaminya.
Namun, ada juga teknik lain untuk mengenalkan huruf atau angka. Bunda dari kalangan teman netra bisa menggunakan semacam hiasan lemari es yang memiliki magnet. Hiasan itu berbentuk huruf atau angka. Banyak kok dijual di pasaran hiasan seperti ini.

Cara mengenalkan huruf seperti itu didapat dari hasil pengalaman teman-teman Popon sesama blin mom's alias ibu tunanetra. Kata kuncinya, sebenarnya ibu tunanetra juga bisa mengajarkan berbagai hal pada anaknya, termasuk mengenalkan huruf hingga baca-tulis.

"Kalau itu sih kitanya yang harus kreatif," ungkap Popon.

Sedangkan untuk mengajarkan anak membaca, penggunaan teknologi bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan aplikasi yang bisa membacakan teks di ponsel.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengenalkan huruf hingga membaca. Namun, tentu butuh bagi ibu teman netra untuk mengajarkan anaknya.

Foto: Ilustrasi Pixabay/Myriams-Fotos

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler