Cincin Api Pasifik yang Bikin Indonesia 'Kaya'

Bandung - TemanBaik, Indonesia berada di kawasan Ring of Fire atau sering disebut juga Cincin Api Pasifik. Ada sejumlah fakta menarik yang patut diulas.

Cincin Api Pasifik merupakan sebuah kawasan di Samudera Pasifik yang memiliki banyak gunung api. Secara keseluruhan, ada sekitar 450 gunung api aktif dan tidak aktif di kawasan ini.

Dilihat secara bentuknya, rangkaian gunung api ini membentuk pola seperti setengah lingkaran atau mirip tapal kuda. Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang masuk ke dalam area Cincin Api Pasifik ini, di antaranya Filipina, Malaysia, Jepang, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, sera berbagai negara lainnya.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan Indonesia yang berada di kawasan Cincin Api Pasifik merasakan dampak negatif dan positif dalam saat bersamaan.

Dari dampak negatif, Indonesia menjadi daerah dengan potensi bencana yang sangat tinggi. Sehingga, tak heran begitu banyak bencana terjadi di Indonesia.

Baca Ini Juga Yuk: Biar Enggak Keliru, Ini Bedanya Pelontologi dan Arkeologi

Sebab, Indonesia berada di antara pertemuan tiga lempeng tektonik sekaligus, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Lempeng ini, merupakan lempeng aktif.

Sehingga, ketika terjadi pergerakan atau persegeran lempeng, potensi bencana akan terbuka. Yang paling sering terjadi dampaknya adalah gempa bumi dan letusan gunung api. Bahkan, sebagian dari gempa bumi mengakibatkan tsunami.

Akibat bencana itu, sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan. Yang masih hangat adalah gempa M6,2 di Sulawesi Barat yang membuat puluhan orang meninggal dunia. Itu jadi bukti bahwa Cincin Api Pasifik merupakan ancaman nyata.

Karena itu, semua pihak wajib waspada dengan berbagai potensi bencana di Indonesia. Mau tak mau, adaptasi dan kewaspadaan tak bisa ditawar.

"Kita harus pahami bersama bahwa kita hidup di kondisi (Indonesia) seperti ini," ujar Eko.

Meski begitu, ada dampak positif yang bisa dirasakan Indonesia karena ada di kawasan Cincin Api Pasifik. Indonesia menjadi negara yang kaya akan berbagai sumber daya alam.

"Ada hikmahnya karena kondisi ini membuat kita mendapat anugerah sumber daya alam," ungkap Eko.

Gambaran manfaat itu di antaranya Indonesia kaya akan sumber daya mineral dan gas alam, manifestasi panas bumi, bahan tambang melimpah, hingga tanah yang subur. Hal ini belum tentu dimiliki negara lain loh.

Foto: Ilustrasi Pexels/Joy Anne Pura

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler