Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Koleksinya Bikin Bangga

Surabaya - Kota Surabaya bakal memiliki tempat wisata baru. Uniknya, tempat wisata ini bisa menghadirkan kebanggan tersendiri bagi warga Surabaya.

Tempat wisata itu adalah Museum Olahraga Surabaya (MOS). Lokasinya ada di Jalan Indragiri. Ada apa saja ya di dalamnya?

Museum Olahraga Surabaya ini memiliki luas bangunan sekitar 600 meter persegi. Di dalamnya, saat ini sudah ada 232 benda koleksi. Ya, tentu semuanya berhubungan dengan dunia olahraga dan erat kaitannya dengan Surabaya.

Koleksi di sana terdiri dari berbagai macam olahraga, mulai dari bulutangkis, sepak bola, tenis lapangan, silat, karate, panahan, panjat tebing, atletik, hingga voli pantai. Koleksinya sendiri berupa peralatan olahraga, baju, hingga medali.

Di dalamnya juga akan terdapat aneka foto bersejarah tentang olahraga dan atlet asal Surabaya. Narasi kisah dari setiap foto pun dipajang agar publik tahu momentun bersejarah apa dari foto dan benda koleksi di sana.

Baca Ini Juga Yuk: Pot Bunga dari Plered yang Jadi Primadona saat Pandemi

Koleksi Museum Olahraga Surabaya juga bakal diusahakan ditambah. Sehingga, bakal makin banyak koleksi yang bisa dilihat publik.

Salah satu yang bakal dihadirkan adalah piala juara Liga Kansas 1997. Piala kompetisi yang dimenangkan Persebaya Surabaya itu saat ini disimpan di ruang kerja Plt. Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Saat ini, ia juga sedang mengupayakan agar legenda bulutangkis Alan Budi Kusuma bisa menghadirkan medali emas yang diraihnya saat Olimpiade.

"Karena itu kan medali emas pertama kita di olimpiade. Paling tidak nanti bisa kita replika," ujar Whisnu di laman resmi Pemkot Surabaya.

Ia sendiri sudah meninjau Museum Olahraga Surabaya pada Senin (1/2/2021). Ia dibuat kagum dengan berbagai koleksi dan sejarah yang diraih atlet-atlet asal Surabaya. Lalu, koleksi apa yang paling disukainya?

"Saya suka olahraga, jadi semuanya suka," ungkap Whisnu.

Sementara meski secara bangunan sudah rampung, museum ini belum dibuka untuk umum. Selain masih suasana pandemi COVID-19, museum itu perlu sejumlah pembenahan, terutama dari segi ornamen.

Sehingga, museum yang semula ditargetkan diresmikan Desember 2020 itu hingga kini belum diresmikan. Namun, 'sentuhan akhir' di sana tinggal sedikit lagi dan akan bisa diresmikan dalam waktu dekat.

"Secara prinsip sudah siap dibuka, tapi ada beberapa ornamen yang perlu dilengkapi. Inikan salah satu keinginan Bu Risma waktu itu, untuk segera diresmikan," jelas Whisnu.

Dalam peresmiannya nanti, rencananya Tri Rismaharini akan diundang. Selain kapasitasnya sebagai Menteri Sosial, Risma bakal hadir sebagai mantan Wali Kota Surabaya dan salah seorang aktor penting dari hadirnya Museum Olahraga Surabaya.

Foto: Plt. Whisnu Shakti Buana di Museum Olahraga Surabaya/surabaya.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler