Ini Enam Benda yang 'Identik Banget' dengan Profesi Jurnalis

TemanBaik, 9 Februari 2021 ini diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Tentu jadi momen yang pas untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan dunia jurnalistik.

Bandung - Secara umum, publik sudah banyak yang tahu jika jurnalis memang pemburu berita. Mereka banyak yang mengorbankan waktunya untuk berjibaku mencari berita demi dikabarkan pada publik.

Namun, tahu enggak ternyata ada beberapa benda yang akrab, bahkan diidentikan dengan profesi jurnalis. Bukan hanya kamera atau alat perekam saja loh. Simak ulasannya, yuk!

1. Ponsel
Bisa dikatakan saat ini ponsel merupakan senjata utama bagi jurnalis. Sebab, ponsel di era modern sudah punya beragam fitur canggih dan berguna banget bagi jurnalis.

Ponsel bisa dipakai untuk merekam suara, merekam video, memotret, mengetik, melaporkan berita, bahkan mengirim berita ke kantor masing-masing untuk segera diproses agar bisa disajikan bagi publik.

Karena itu, jangan heran jika bertemu jurnalis, mereka tak bisa lepas dari ponselnya. Sebab, tanpa ponsel, jurnalis saat ini akan sangat kesulitan bekerja. Maklum, mereka diharuskan bekerja serba cepat dan praktis. Hal itu sangat terbantu dengan adanya ponsel yang punya beragam fitur atau aplikasi.

2. Headset
Ini bisa dikatakan juga sebagai alat wajib yang identik dengan dunia jurnalis. Penggunaan headset akan sangat berguna untuk mendengarkan rekaman dan tentu saja untuk menelepon hingga reportase. Jadi, bagi jurnalis, headset bukan sekadar buat dengerin musik aja ya, TemanBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Harus Siap Pegal, Cerita di Balik Profesi Jurnalis Radio

3. Ransel Besar
Jurnalis juga cukup identik dengan ransel atau tas berukuran besar. Itu karena biasanya mereka membawa beragam peralatan, terutama jurnalis televisi.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat Iqwan Sabba Romli mengatakan tas jurnalis televisi biasanya berisi kamera, laptop atau komputer jinjing, tripod, serta beragam peralatan lainnya.

Bahkan, tak jarang jurnalis juga membawa jas hujan dalam tasnya, kabel data, USB, headset, hingga plastik untuk membungkus kamera.

4. Fesyen ala Anak Gunung
Ini juga cukup identik dengan jurnalis, banyak di antara mereka yang dalam kesehariannya memakai produk outdoor atau luar ruang. Orang awam sering menyebutnya dengan 'stelan anak gunung'.

Enggak semua jurnalis adalah anak gunung. Namun, mereka banyak yang berpenampilan selayaknya anak gunung, mulai dari jaket yang tebal hingga tas besar. Sekilas, kadang narasumber mengira wartawan seperti orang yang mau berkemah.

"Kalau penampilan sebenarnya karena produk outdoor seperti itu punya kualitas yang bagus. Misalnya jaket gunung, itu biasa dipakai karena cukup tebal. Jadi cukup membantu untuk menjaga kondisi kita yang sering aktivitas di luar ruangan," kata Iqwan.

5. Sepeda Motor
Ini alat tempur yang benar-benar sangat direkomendasikan bagi jurnalis. Sebab, sepeda motor membuat pergerakan jurnalis cenderung mudah dan praktis. Apalagi jika bertugas di wilayah perkotaan dengan lalu lintas padat. Jadi, menyalip di jalanan yang padat akan lebih mudah.

Namun, bisa juga kok jurnalis menggunakan mobil. Namun, biasanya mobil dipakai tempat liputan jaraknya jauh dan membutuhkan berbagai peralatan berukuran besar. Misalnya untuk kebutuhan reportase siaran langsung televisi. Alat-alatnya banyak banget dan sulit jika dibawa menggunakan sepeda motor.

6. Powerbank
Ini juga termasuk benda yang cukup identik di kalangan jurnalis. Sebab, powerbank akan membantu ponsel wartawan tetap menyala. Sebab, jika ponsel sampai kehabisan daya, siap-siap deh sulit bekerja.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Markus Winkler
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler