Begini Cara Baru Pakai Masker untuk Hindari COVID-19

Jakarta - TemanBaik, masih konsisten menjalankan 5M kan, terutama menggunakan masker? Ya, mau enggak mau penggunaan masker ini harus konsisten dijalankan demi meminimalisir penularan dan penyebaran COVID-19.

Namun, baru-baru ini, tepatnya 13 Februari 2021, Centre for Disease Control (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan cara baru memakai masker. Caranya adalah menggunakan dua masker sekaligus, yaitu masker medis di bagian pertama dan bagian berikutnya masker kain.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Meski penggunaan masker ganda disebut lebih efektif, hindari menggunakannya sembarangan ya. Jangan asal mengombinasikan dua masker sekaligus untuk digunakan.

Baca Ini Juga Yuk: Dua Pasar di Bandung Jadi Contoh Pasar Bebas Kantong Plastik

Untuk masker medis misalnya, tidak disarankan menggunakannya dua sekaligus. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan dua lapis dalam saat bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi.

Berikutnya, jangan menggunakan masker KN95 dengan jenis masker lainnya. Masker jenis ini sebaiknya hanya digunakan sendiri alias tidak dikombinasikan dengan masker lain. Masker KN95 tidak diperuntukkan untuk melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun lapis berikutnya.

Wiku pun memberi penekanan soal masker yang memiliki katup udara. Meski dianggap sebagian orang keren, celah udara pada masker seperti itu justru berpotensi menjadi celah masuknya virus.

Hal yang tak kalah penting, kamu harus tepat menggunakan masker. Pastikan masker benar-benar menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Pastikan juga karet pengait pada masker tidak terlalu longgar demi meminimalisir celah masuknya virus.

Sudah tahu kan TemanBaik cara memakai masker? Bahkan, lebih baik jika kamu mengikuti penjelasan di atas biar sama-sama aman dan terhindari dari COVID.19.

"Menggunakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan COVID-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," jelas Wiku.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Brian Mcgowan

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler