Dari Sampah Jadi Berkah Lewat 'Jasmine Integrated Farming'

Bandung - Sampah bisa menjadi berkah jika dikelola dengan baik. Hal ini dibuktikan melalui program 'Jasmine Integrated Farming' di kawasan RW 19 Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Seperti apa sih 'Jasmine Integrated Farming' di sini?

Jasmine Integrated Farming ini adalah satu kawasan terpadu, mulai dari pengolahan sampah organik, budidaya ikan, budidaya ayam petelur, bercocok tanam, serta beragam kegiatan positif lainnya. Semua kegiatannya punya satu kesatuan yang saling mengikat.

Sebagai gambaran, sampah organik diolah menjadi pupuk, lalu kotoran diolah menjadi pupuk. Hasilnya kemudian dipakai untuk merawat tanaman seperti sayuran yang ada di lokasi. Hasil panennya pun dinikmati warga, termasuk ikan dan telur ayam.



Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Baru Pakai Masker untuk Hindari COVID-19

Dengan cara seperti ini, sampah organik bisa diminimalisir, bahkan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Karena itulah istilah sampah jadi berkah digaungkan di sana.

"Sampah menjadi berkah itu kita upayakan supaya bisa berjalan di sini," kata Lurah Antapani Tengah Teguh Haris Phaton.

Program ini pun begitu disambut baik warga. Sehingga, banyak yang terlibat aktif untuk ambil bagian dalam beragam kegiatan tersebut. Contohnya, warga di rumah sudah mulai memisahkan sampah secara mandiri.

"Alhamdulillah mulai sari warga membuang sampah di rumah secara terpilah, diangkut oleh mamang (petugas pengangkut) sampah ke taman RW 19, kemudian diolah," tuturnya.

Konsep Jasmine Integrated Farming sendiri rencananya akan dijalankan di RW lain di kawasan Antapani Tengah. Harapan besarnya, semakin banyak yang sadar akan pentingnya mengolah sampah agar jadi sesuatu yang bermanfaat. Apalagi, ada beragam kegiatan lain yang juga tak kalah bermanfaat seperti bercocok tanam dan beternak.

"Setelah dari sini, mudah-mudahan di RW lain bisa mengikutinya. Karena RW 19 ini adalah RW binaan di Kelurahan Antapani Tengah dalam rangka menuju Kelurahan KBW (Kawasan Bebas Sampah). Kita jadikan pilot project supaya RW lain bisa mengikuti," jelas Teguh.

Foto: dok. Humas Kota Bandung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler