Belajar & Waspada Terhadap COVID-19 Varian Baru

Bandung - TemanBaik, COVID-19 varian baru alias B117 sudah masuk ke Indonesia. Kasus orang yang terjangkit B117 menimpa dua warga Kabupaten Karawang. B117 sendiri merupakan COVID-19 varian baru yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Achyani Raksanagara mengatakan sejak jauh-jauh hari, COVID-19 memang sudah diprediksikan akan bermutasi. Sebab, pada dasarnya, virus flu memang sangat piawai dalam beradaptasi dan bermutasi.

B117 sendiri merupakan masih bagian dari varian COVID-19. Hanya saja, B117 lebih mudah menular dibanding COVID-19 yang biasa.

"Kalau dari pengalaman di Inggris dan dari (penjelasan) para akademisi, kan yang membedakan itu dia (B117) lebih mudah menular, berarti lebih cepat penularannya, sampai 70 persen penularannya lebih cepat," kata Achyani di Balai Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Di Indonesia sendiri kasus orang terpapar B117 masih langka. Bahkan, di Bandung pun belum teridentifikasi ada orang terpapar B117. Namun, kewaspadaan dan antisipasi tetap harus dikedepankan.



Baca Ini Juga Yuk: Misteri Dinosaurus yang Tak Pernah Hidup di Indonesia

Yang paling utama adalah konsisten menjalankan gerakan 3M dengan disiplin, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Iya, protokol kesehatannya sama dengan cara mengantisipasi COVID-19.

Pertanyannya, saat ini Indonesia sedang menggulirkan program vaksinasi COVID-19. Sedangkan di saat bersamaan B117 sudah menjangkiti warga Karawang meski sekarang dinyatakan sudah sembuh. Potensi B117 'beredar' di Indonesia pun tetap ada.

Lalu, efektifkah vaksin COVID-19 untuk menangkal B117? Jawabannya tetap efektif kok. Sebab, secara umum, B117 digolongkan sebagai COVID-19. Sehingga, vaksin yang ada akan tetap efektif.

"Dari para peneliti, terutama yang terkait dengan vaksinasi, masih menyatakan seperti itu, efektivitasnya masih bisa (untuk B117)," jelas Achyani.

Manakah yang perlu diwaspadai antara COVID-19 varian lama atau B117? Jawabannya sama-sama harus diwaspadai. Sebab, penyakit ini jelas tak kasat mata dan bisa menghinggapi siapapun. Jadi, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan ya, TemanBaik!

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler