The Body Shop Indonesia Serahkan Petisi Sahkan RUU PKS ke DPR

Jakarta - TemanBaik, The Body Shop Indonesia membuat kampanye Stop Sexual Violence sejak 5 November 2020 lalu. Sesuai dengan namanya, kampanye ini turut memperjuangkan pemberantasan kasus pelecehan dan kekerasan seksual di Indonesia. 

Salah satu kegiatan dalam kampanye Stop Sexual Violence adalah pengumpulan petisi yang berisi penandatanganan dari masyarakat Indonesia tentang desakan agar pemerintah segera mengesahkan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual yang sejak lama hanya menjadi rancangan undang-undang saja. 

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret setiap tahunnya, The Body Shop Indonesia bersama dengan Magdalene.co, Yayasan Pulih, Makassar International Writers Festival, dan Yayasan Plan International Indonesia mengantarkan sebanyak 421.218 petisi ke Gedung DPR-RI. 

"Hari ini, dalam rangka Hari Perempuan Sedunia, kami hadir dan menyampaikan suara masyarakat melalui petisi yang sudah ditandatangani oleh 421.218 orang, agar bisa diterima dengan baik dan bisa mendorong pemerintah untuk segera membahas dan mengesahkan RUU PKS," ujar Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop Indonesia. 

Baca Ini Juga Yuk: Misteri Dinosaurus yang Tak Pernah Hidup di Indonesia

Selain itu, menurut Suzy Hutomo, Executive Chairperson dan pemilik The Body Shop Indonesia, penyerahan petisi ini juga diharapkan dapat mendorong pengesahan RUU PKS agar Indonesia memiliki payung hukum yang kuat dan bisa memberikan keadilan bagi korban, serta melindungi, menjamin keselamatan, dan hak warga Indonesia dari segala bentuk kekerasan seksual.

Tentu petisi sahkan RUU PKS tersebut mendapat sambutan baik dari anggota DPR RI yang diwakili oleh Diah Pitaloka selaku Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP RI), Krisdayanti selaku anggota komisi 7 DPR RI, dan Luluk Nur Hamidah selaku anggota komisi IV DPR RI. 

"Fraksi PDIP menerima penyerahan petisi sebanyak 421.218 tanda tangan. Ini adalah tanda tangan dari mereka hang consent. Ini bukan hal kecil yang kami terima, besar sekali maknanya. Bagi kerja kamu sebagai legislator di lembaga perwakilan rakyat, tentu ini menjadi tugas kami untuk menerima aspirasi," ujar Diah Pitaloka.

Setelah berjuang hampir empat bulan lamanya, hari ini akhirnya petisi tersebut sudah diserahkan oleh The Body Shop Indonesia bersama para kolaborator dan juga penyintas kekerasan seksual kepada para wakil rakyat di gedung DPR RI. 

Walau petisi sudah diserahkan, namun kampanye Stop Sexual Violence dari The Body Shop Indonesia masih akan terus berlangsung hingga 7 April mendatang loh, TemanBaik. Jadi kamu belum ketinggalan jika ingin turut memperjuangkan pemberantasan kekerasan seksual di Indonesia loh.Yuk langsung cek situs www.tbsfightforsisterhood sekarang!

Tentu pemberantasan kekerasan dan pelecehan seksual di Indonesia merupakan tugas kita bersama sebagai masyarakatnya. Bukan hanya tugas pemerintah dan penegak hukum, tapi kita pun perlu ambil bagian dan berani bersuara.

Apalagi dengan tema global #ChoosetoChallage dari Hari Perempuan Sedunia tahun ini, diharapkan perempuan dapat memilih untuk menentang dan menyerukan ketidaksetaraan gender serta merayakan pencapaian yang diraih oleh seorang perempuan. 

Selamat Hari Perempuan Sedunia, TemanBaik!

Foto: dok. The Body Shop Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler