Setara Lewat Sepak Bola Wanita

Bandung - TemanBaik, sepak bola selama ini kerap identik sebagai olahraga laki-laki. Namun, faktanya, olahraga ini banyak digemar wanita. Bahkan, banyak wanita yang menjadi atlet, baik sepak bola lapangan maupun futsal.

Indonesia pun punya Timnas Wanita loh. Tim ini dipersiapkan untuk berlaga pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Skuat 'Garuda Pertiwi' pun diluncurkan di tengah peringatan Hari Perempuan Internasional pada Senin (8/3/2021) di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hadirnya Timnas Wanita ini bukan semata-mata asal dibentuk. Tim ini dipersiapkan dengan serius. Sebab, timnas ini diharapkan membuka pandangan publik soal kesetaraan gender, khususnya di dunia sepak bola. Apalagi, memang ada ajang yang mewadahinya untuk berlaga dan diharapkan tim menuai prestasi.

"Saya kira kita punya harapan terhadap tim nasional putri kita atau wanita karena ada event pertandingannya," kata Menpora Zainudin Amali di laman resmi Kemenpora, Selasa (9/3/2021).

Di tingkat nasional, Indonesia punya ajang untuk mewadahi para pesepakbola wanita, yaitu Piala Kartini dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Sedangkan di level internasional, selain SEA Games, sepak bola wanita juga dipertandingkan di Asian Games.

"Sehingga, peluang kita untuk mendorong supaya sepak bola wanita kita maju sangat terbuka lebar. Pak Ketua Umum (Mochamad Iriawan) tanya ke coach (pelatih kepala Timnas) Shin Tae-yong bagaimana potensi mereka, sangat punya potensi katanya," ungkap Amali.

Baca Ini Juga Yuk: Rupa-rupa Palet Musik dalam Single Perdana Gergasi Api

Ia sendiri berkomitmen mendorong semakin berkembangnya sepak bola wanita di Indonesia. Hal itu akan jadi bukti bahwa kesetaraan gender benar-benar hadir di Indonesia, khususnya melalui sepak bola.

"Sekarang ini memang eranya kita harus serius mendorong kesetaraan gender di segala segi kehidupan. Termasuk di urusan sepak bola. Ini apresiasi kepada PSSI bukan hanya bicara, tapi benar-benar menampilkan kesetaraan gender," jelas Amali.

Seusai diluncurkan, Timnas Wanita ini langsung melakukan persiapan untuk menghadapi SEA Games 2021. Mereka menjalani pemusatan latihan.

"Tepat hari ini juga pemusatan latihan Timnas Wanita Indonesia dimulai. Tentu ini momen berharga bagi kita semua karena mereka mampu mengikuti timnas pria yang sudah terlebih dahulu menjalani pemusatan latihan di era pandemi COVID-19 seperti ini," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Berharap Jadi Bola Salju
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengapresiasi adanya Timnas Wanita. Apalagi, tim diluncurkan di tengah peringatan Hari Perempuan Internasional.

Hadirnya Timnas Wanita itu menurutnya menunjukkan kesetaraan gender. Ia pun berharap dampak hadirnya Timnas Wanita jadi 'bola salju' yang menggelinding. Artinya, para perempuan lain diharapkan semakin semangat dalam mengejar cita-cita dan tak lagi terbatas karena urusan gender.

"Contohnya kalau kita bicara sepak bola pasti identik dengan laki-laki. Tapi sekarang ini dengan dilaunching timnas sepak bola perempuan ini akan membuka wawasan di masyarakat yang sudah terbangun konstruksi sosial," tutur Gusti.

"Mudah-mudahan ini menjadi bola salju yang terus menggelinding, tidak hanya timnas. Kalau ada event ini akan memotivasi para perempuan untuk bermain sepak bola," harapnya.

Foto: dok. PSSI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler