Asyik! Kini Semarang Punya Ruang Kreatif yang Keren

Semarang - Kota Semarang kini sudah memiliki ruang kreatif bermama Semarang Creative Hub. Ya, ruang kreatif itu terletak di kawasan wisata favorit di Semarang, yakni Kota Lama.

Semarang Creative Hub diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dalam keterangan resminya, Ia menyebut peresmian wadah bagi pelaku kreatif di Semarang ini merupakan upaya membangkitkan laju ekonomi kreatif di tengah pandemi.

Saat peresmian, Sandiaga menjelaskan keberadaan Creative Hub di kota Semarang sangat penting untuk mengembangkan industri kreatif yang khas di Kota Lama Semarang yang masuk dalam proyeksi pengembangan nasional Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi putra-putri terbaik Semarang dan Jawa Tengah. Gedung ini diproyeksikan sebagai tempat berkumpul para pelaku kreatif yang akan mengisinya dengan karya-karya terbaik.

"Saya titipkan Creative Hub ini agar diisi dan dijadikan sebagai tempat produk kreatif kelas global," ujar Sandiaga.



Baca Ini Juga Yuk: PON XX Digelar Oktober, Prokes Akan Tiru Olimpiade Tokyo

Ia menambahkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa dipisahkan alias harus berjalan seiring. Terlebih lagi, Kota Lama sudah menjadi wajah Semarang dan kerap menjadi tujuan favorit wisatawan. Hadirnya Semarang Creative Hub di wilayah Kota Lama diharapkan akan menjadi simpul yang menghubungkan ekonomi kreatif dan pariwisata di dalamnya.

Setelah memiliki wadah kreatif, maka insan kreatif khususnya di Kota Semarang diharapkan terus berbenah guna menghasilkan ekosistem industri kreatif yang lebih sehat. Sandiaga menyoroti ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni inovasi, adaptasi, serta kolaborasi.

Sandiaga mengajak para pelaku bisnis agar tetap kreatif untuk berinovasi. Dengan berinovasi maka produk-produk desainer yang ada di Kota Semarang dapat terus update dan tak ketinggalan zaman. Setelah itu, terkait dengan adaptasi, beradaptasi dengan keadaan seperti apapun kondisinya sangat penting agar produk industri kreatif tetap hidup di tengah pandemi.

Sedangkan kolaborasi yang dimaksud antara lain adalah kolaborasi antar pelaku kreatif dengan pemerintah. Menurut Sandiaga, itu sangat penting agar pelaku bisnis kreatif dan pemerintah dapat terkoneksi dalam melangkah.

"Pandemi ini harus mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk mengambil peluang, dan dengan keberadaan Creative Hub ini diharapkan akan semakin mudah sekaligus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujarnya.

Terpisah, dalam keterangan resminya, Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari menuturkan jika rencananya ke depan akan ada acara pertunjukan fesyen (fashion show) oleh komunitas yang diselenggarakan secara hybrid atau gabungan antara daring dan luring. Pertunjukan ini juga diproyeksikan bakal melibatkan banyak sub sektor industri kreatif lainnya. Seperti melibatkan sub sektor seni pertunjukan, produk kriya, desain arsitektur, fotografi, animasi, dan sub sektor lain yang dapat saling mendukung dan terlibat di dalamnya.

Ia meneruskan, di dalam Semarang Cretive Hub yang berada di Galeri Industri Kreatif dan Gedung Outdetrap ini nantinya komunitas ekonomi kreatif di Kota Semarang dapat beraktifitas, berkreasi, dan berkolaborasi bersama dengan fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang. Mulai dari pelatihan beserta sarana prasarana pelatihan, ruang fotografi, pembuatan film secara virtual, ruang seni pertunjukan serta sejumlah peralatan akan dapat dimanfaatkan oleh para komunitas.

TemanBaik, hadirnya ruang kreatif di tempat kita bermukim tentu jadi berita baik ya. Sebab enggak dipungkiri lagi, tiap wilayah pasti punya nilai dan karakter kreativitasnya masing-masing. Selamat ya, teman-teman kreatif di Semarang! Semoga karya-karyanya semakin keren dan luar biasa!

Foto: Dok. Kemenparekraf RI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler