Seru dan Terampilnya Aksi Petugas Pemadam Kebakaran

Bandung - TemanBaik, peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran (Damkar) memang berlangsung pada 1 Maret 2021 lalu. Namun, untuk tingkat kabupaten/kota baru dilaksanakan peringatannya pada Rabu (17/3/2021).

Nah, di Kota Bandung, peringatan juga digelar di Kantor Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB). Biasanya, peringatan HUT Damkar ini digelar di Balai Kota Bandung. Namun, karena di tengah pandemi COVID-19, kegiatan hanya dilaksanakan tertutu di Kantor Diskar PB.

"Peringatan HUT ke-102 Damkar yang dilaksanakan hari ini di tengah pandemi memang terasa beda dibandung tahun-tahun sebelumnya. Namun, saya berharap kondisi ini tidak mengurangi semangat untuk meneruskan semangat juang, dedikasi petugas dalam melindungi masyarakat," ujar wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Ada sejumlah keseruan yang ditampilkan loh. Apa saja ya yang tersaji?

1. Upacara
Upacara menjadi kegiatan pembuka peringatan HUT Damkar di lokasi. Wali Kota Bandung Oded M. Danial menjadi instrukturnya. Sebagaimana upacara pada umumnya, upacara ini berlangsung secara formal.

Doa dan harapan pun dipanjatkan saat upacara berlangsung. Diskar PB dan Damkar secara umum. Damkar diharapkan tetap menjadi instansi yang makin profesional, tangguh, dan menjunjung dedikasi perjuangan untuk membantu masyarakat.



2. Aksi Srikandi Diskar PB
Seusai upacara, kegiatan berikutnya adalah para Srikandi Pemadam Diskar PB  unjuk kemampuan. Puluhan petugas perempuan menampilkan yel-yel penuh semangat. Mereka terlihat kompak bernyanyi sambil menari di area tengah halaman Kantor Diskar PB.

Srikandi Pemadam Diskar PB sendiri adalah barisan perempuan tangguh. Dalam kesehariannya, mereka kerap ditugaskan untuk bekerja di bidang administrasi. Namun, jangan salah, jika ada kebakaran atau bencana, mereka siap kapan saja diperbantukan ke lapangan. Tak jarang, mereka juga berjibaku memadamkan api bersama petugas laki-laki.

Baca Ini Juga Yuk: Vaksinasi dan Misi Membangkitkan Sektor Pariwisata Bali

Oded bahkan memuji ketangguhan para Srikandi Pemadam. Mereka membuktikan diri bahwa perempuan juga bisa menjalani pekerjaan apapun tanpa membedakan gender.

"Kehadiran para petugas perempuan ini menarik menurut saya. Ternyata yang namanya kaum perempuan juga tidak kalah dengan kaum laki-laki. Makanya laki-laki jangan macam-macam," puji Oded.

3. Simulasi Evakuasi
Ini jadi bagian paling mendebarkan dari peringatan HUT Damkar di lokasi. Tiba-tiba suara sirine berbunyi kencang dan diumumkan terjadi gempa bumi yang memicu kebakaran.

Asap terlihat mengepul keluar dari salah satu jendela lantai paling atas Kantor Diskar PB. Tak lama berselang, para petugas terlihat  menyelamatkan diri keluar dari gedung. Beberapa di antaranya terlihat ada yang dipapah dan dipangku. Seusai tiba di area luar, mereka yang terluka diberi penanganan oleh petugas PMI.

Tak lama berselang, petugas mengoperasikan mobil pemadam kebakaran yang memiliki tangga. Beberapa petugas naik di atas tangga untuk menuju ke lantai atas yang terlihat kepulan asap.



Mereka kemudian masuk ke dalam gedung melalui jendela. Selang beberapa detik, mereka keluar sambil membawa korban yang sempat terjebak di area kebakaran.

Proses evakuasi ini cukup mendebarkan karena petugas dan korban turun dari lantai atas menggunakan tali. Namun, berkat kesigapannya, petugas dan korban bisa mendarat dengan selamat dari bangunan tiga lantai tersebut.

Ada juga korban yang diselamatkan dengan menggunakan tandu. Tandu itu sempat dimasukkan melalui jendela. Selang beberapa detik, tandu dikeluarkan dan sudah dalam posisi terikat pada seutas tali.

Tandu itu kemudian meluncur dari lantai atas dan ditangkap para petugas yang sudah menunggu di bawah. Setelah mendarat, korban kemudian dibawa masuk ke dalam mobil ambulans untuk mendapatkan perawatan.



4. Bendera Raksasa
Ini nih bagian yang paling merinding merinding. Atraksi di sini ditutup dengan dibukanya spanduk berisi tulisan 'Dirgahayu ke-102 Tahun' di atas mobil tangga. Kepulan asap yang dikeluarkan petugas di atas tangga pun menambah riuh suasana.

Tak lama kemudian, para petugas membawa bendera berukuran raksasa. Semua pihak yang ada di lokasi pun diajak untuk sama-sama memegang bendera dan membentangkannya. Semua kompak membentangkan bendera tersebut sambil diiringi lagu pembakar semangat.

Foto: Oris Riswan/Beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler