Nipa-nipa, Asa untuk Atasi Banjir di Makassar

Makassar - Warga di Sulawesi Selatan kini punya harapan baru agar potensi banjir bisa semakin ditekan. Sebab, kini sudah hadir Kolam Regulasi Nipa-nipa yang berlokasi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Secara resmi, kolam regulasi ini difungsikan sejak Kamis (18/3/2021). Butuh anggaran besar dan waktu panjang loh untuk membangun kolam ini. Dibangun sejak 2016, pembangunan kolam regulasi ini menggunakan anggaran sekitar Rp320 miliar.

Apa sih manfaat dari kehadiran kolam regulasi ini? Sejak awal, fasilitas ini dibangun untuk mereduksi potensi banjir hingga sebesar 157 meter kubik per detik yang kerap menerjang Kota Makassar dan sekitarnya akibat luapan Sungai Tallo bagian hilir.

"Ini adalah kolam untuk pengaturan air, terutama banjir dan genangan yang ada di Kota Makassar," ujar Presiden Joko Widodo.

Kolam Regulasi Nipa-nipa ini punya luas genangan mencapai 83,93 hektare dan berkapasitas tampung sebesar 2,74 juta meter kubik. Kolam regulasi tersebut akan bekerja dengan menyimpan air untuk sementara waktu selama puncak banjir dan mengalirkannya kembali ke hilir Sungai Tallo.

"Sangat berfungsi meskipun masih ada nanti kolam regulasi lain yang memang harus dibangun, utamanya ini di DAS Tallo. Sehingga, Kota Makassar kita harapkan dapat bebas dari genangan dan banjir karena sekarang diatur dan dikendalikan oleh Kolam Regulasi di Nipa-nipa ini," ucap Jokowi.

Baca Ini Juga Yuk: Divaksin COVID-19 saat Puasa Batal Enggak, Ya?

Ia berharap agar infrastruktur pendukung tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan melakukan normalisasi Sungai Tallo dan pembangunan tanggul sepanjang tiga kilometer pada tahun 2022 mendatang.

Melalui upaya tersebut, kolam regulasi diharapkan akan memberikan dampak dan manfaat pengurangan risiko banjir di enam kecamatan setempat, yakni Pattallassang, Moncongloe, Manggala, Panakkukang, Tallo, dan Tamalanrea.

Sementara itu, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, mengucapkan syukur dan terima kasih atas pembangunan Kolam Regulasi Nipa-nipa. Kehadiran kolam regulasi tersebut dapat benar-benar memberikan dampak langsung bagi pengurangan dampak banjir di Kota Makassar.

"Saya sendiri hampir tiga tahun menjabat. Setiap tahun hampir selalu pergi bawa perahu karet untuk ke genangan di Makassar. Kolam ini bukan cuma teoritis, tapi praktik di lapangan dan langsung mengurangi dampak," tutur Andi.

Foto: dok. Biro Pers Setpres
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler