Al-Qur'an Kayu Terbesar Dunia Ada di Kota Palembang

Palembang - TemanBaik, tahu enggak jika di Kota Palembang ada Al-Qur'an berukuran raksasa? Al-Qur'an ini disebut Al-Qur'an Al-Akbar dan disimpan di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah, Gandus, Palembang.

Kenapa disebut Al-Qur'an raksasa? Tentu karena ukurannya yang besar. Sebanyak 30 juz aya suci Alquran dipahatkan lembaran kayu tembesu. Butuh sekitar 40 meter kubik kayu tembesu untuk membuat Al-Qur'an ini.

Masing-masing lembar ukuran halaman dari Al-Qur'an ini adalah 177x140x2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya, termasuk sampul mencapai 9 meter.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Kenalan dengan Kain Tapis Lampung yang Penuh Doa

Al-Quran yang terdiri dari 630 halaman ini juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Al-Quran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning serta ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahun. Hal ini karena proses pembuatannya tergolong sulit. Apalagi, pembuatnya juga harus terampil dan teliti.

Mau tahu fakta dari Al-Qur'an ini? Ternyata, Al-Qur'an ini adalah yang terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Al-Qur'an 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu.

Al-Quran terbesar ini sebelum resmi dipublikasikan, sengaja di pajang seluruh ayat-ayat suci di dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama tiga tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat.

Foto: Dok. Sumselprov.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler