Berbagi Makanan Berbuka ala Masjid Lautze 2 Bandung

Bandung - TemanBaik, saat Ramadan biasanya berbagai masjid menyediakan makanan untuk berbuka puasa, baik untuk takjil maupun makanan berat. Hal ini juga dihadirkan di Masjid Lautze 2, masjid dengan ciri khas arsitektur oriental di Bandung.

Di sini, pihak dewan kemakmuran masjid (DKM) menyediakan makanan yang berasal dari para donatur. Salah satu donatur di sini adalah para jamaah yang merupakan mualaf. Selain itu, pihak DKM juga menerima bantuan dari berbagai pihak lain, termasuk dari orang dan organisasi lintas agama.

Ketua DKM Masjid Lautze 2 Bandung Rahmat Nugraha mengatakan pihaknya menyiapkan 1.000 hidangan berbuka. Bedanya, makanan itu tak disediakan di masjid, melainkan disebar ke berbagai titik di Bandung.

"Rencananya tebar iftar (makanan berbuka puasa) ini hanya 20 hari, dari hari pertama sampai ke-20 Ramadan," ujar Koko Rahmat, sapaan akrabnya, saat ditemui di lokasi, Kamis (15/4/2021).

Makanan itu sengaja disebar ke berbagai titik untuk diberikan pada yang membutuhkan. Tujuannya agar bantuan bisa tersalurkan. Di saat yang sama, bantuan dengan cara seperti itu diharapkan meminimalisir terjadinya kontak fisik.



Baca Ini Juga Yuk: Ragu Jika Tes PCR & Usap Akan Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Sebab, makanan yang diberikan menggunajan jasa driver alias sopir. Mereka adalah para relawan yang bertugas menjadi pengantar makanan. Merekalah yang kemudian bakal 'berburu' sasaran penerima makanan berbuka puasa.

"Jadi setiap hari itu ada lima sampai enam titik lokasi (sasaran) menggunakan ojol," jelas Koko Rahmat.

Cara seperti itu sudah memasuki tahun kedua bagi Masjid Lautze 2. Sebab, dalam dua kali Ramadan tepat berada dalam situasi pandemi COVID-19. Sehingga, ada pembatasan aktivitas yang dilakukan.

Saat tak dilanda pandemi, biasanya takjil dan makanan berat disediakan di lokasi. Sehingga, siapapun bisa datang ke Masjid Lautze 2 dan mendapatkan sajian berbuka.

"Tapi karena pandemi, kita menyediakan takjil saja di sini, kalau makanan berat enggak kita sediakan," tutur Koko Rahmat.

Sementara selain makanan berbuka, setelah memasuki Ramadan hari ke-21 hingga Lebaran, DKM akan menyiapkan paket sembako untuk diberikan pada warga yang membutuhkan. Konsepnya juga sama, sembako ini bakal diberikan secara langsung pada dasaran penerima agar menghindari terjadinya kerumunan.

DKM Masjid Lautze 2 Bandung juga punya beragam kegiatan selama Ramadan ini, mulai dari pengajian selepas salat ashar, salat tarawih, hingga menerima zakat, infaq, dan sadaqah.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler