#AksiBaik Para Siswa Saat Ramadan dengan 'Rantang Siswa'

Bandung - TemanBaik, Ramadan jadi momentum tepat untuk meningkatkan amal ibadah. Berbagai #AksiBaik pun bisa dilakukan. Salah satu #AksiBaik itu bisa dilakukan siswa SMA, SMK,dan SLB di Jawa Barat melalui program 'Rantang Siswa'.

Mungkin ada yang mengernyitkan dahi membaca program ini. Hal itu karena program ini hanya bergulir di Jawa Barat. Biar enggak penasaran, simak ulasannya, yuk!

Rantang Siswa ini diinisiasi Dinas Pendidikan Jawa Barat. Program ini digulirkan untuk melatih semangat berbagi dalam momentum Ramadan. Semangat ini pun diharapkan bertahan, bahkan meningkat selepas Ramadan.

Melalui program ini, para siswa bakal memberikan satu porsi makanan setiap harinya kepada tetangga atau warga yang membutuhkan. Makanan yang diberikan pun bakal difoto dan diunggah di Instagram masing-masing dengan hashtag atau tagar #rantangsiswa.

Dengan cara ini, semangat berbagi kebaikan diharapkan menular. Sehingga, diharapkan bakal lebih banyak orang yang tergerak melakukan hal serupa.

"Makanan itu bisa buatan rumah atau masakan yang mereka buat sendiri untuk disampaikan kepada tetangga, kolega, teman, anak yatim, lansia dan sebagainya. Lalu mereka foto dan kirim ke #rantangsiswa di Instagram," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi.

Lewat program ini ditargetkan ada 50 ribu rantang atau porsi makanan yang bakal dibagikan setiap harinya. Program ini bakal berjalan pada 24 April hingga 11 Mei 2021.

Baca Ini Juga Yuk:  Yuk! Bijak Memaknai Larangan Mudik

Sejauh ini, sudah ada 42.500 siswa yang bersedia ikut serta terlibat dalam program Rantang Ramadan ini. Namun, ia berkeyakinan program ini bakal melebihi target 50 ribu peserta saat digulirkan.

"Target yang ditetapkan panitia 50 ribu (peserta/per porsi per hari). Tapi pada tanggal 24 (April) saya punya keyakinan itu bisa mencapai 80 ribu. Itu tersebar di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat" jelas Dedi. 

Rantang Siswa ini menurutnya merupakan bagian dari Program Milenial Smart Tren Ramadan Virtual yang diluncurkan Jumat (16/4/2021) lalu. Selain Rantang Siswa, dalam Program Milenial Smart Tren Ramadan juga ada berbagai kegiatan yang bisa diikuti para siswa-siswi.

Secara umum, program ini bergulir sejak 16 April hingga 11 Mei 2021. Namun, dari masing-masing program turunannya ada yang berbeda pelaksanaannya, contohnya Rantang Siswa yang baru bergulir 24 April.

Selain untuk siswa, berbagi makanan juga akan dilakukan guru melalui program 'Sapa Bataru'. Nantinya, seluruh guru di perumahan Bataru alias Bakti Padamu Guru akan mengadakan buka bersama di halaman rumah dan mengajak orang yang membutuhkan. Namun, tentunya tetap wajib menjalankan protokol kesehatan.

Sedangkan program lain yang dilaksanakan di antaranya Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi), Kajian Islam di Sekolah (KIDS), menulis mushaf Al-Qur'an, hingga Buka Bersama On The Screen (BUBOS).

Foto: dok. Disdik Jawa Barat/Fauzan Kesuma
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler