Ini Fenomena Cuaca yang Harus Diwaspadai hingga Mei Mendatang

Bandung - TemanBaik, saat ini sejumlah wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem. Hal ini juga terjadi di Jawa Barat. Kondisi ini diprediksi masih bakal berlanjut loh hingga akhir Mei 2021.

Karena itu, kamu tentu perlu meningkatkan kewaspadaan. Sebab, di masa pancaroba atau transisi dari musim hujan ke musim kemarau ini, ada beberapa fenomena negatif yang mungkin terjadi. Apa saja?

"Jadi sekarang itu dari April-Mei diprediksi masa perubahan atau transisi, ada beberapa fenomena yang muncul," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung Rasmid, M.Si., di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (20/4/2021).

Pertama, yang paling memungkinkan terjadi adalah hujan deras dengan durasi yang singkat. Tak jarang, kondisi ini juga dibarengi dengan fenomena lain, seperti angin kencang dan petir. Selain itu, ada juga potensi terjadinya angin puting beliung hingga hujan es.

"Itu fenomena-fenomena yang biasanya muncul di masa transisi," ungkap Rasmid.
Sementara itu, musim kemarau diperkirakan akan mulai terjadi di berbagai wilayah Indonesia pada Juni, khususnya di Jawa Barat. Di musim kemarau ini, berbagai langkah juga harus disiapkan sebagai bentuk antisipasi.

"Juni itu akan masuk musim kemarau dan puncaknya sekitar Agustus," tutur Rasmid.

Sementara itu, khusus untuk musim hujan yang terjadi dalam kurun 2020-2021 ini, terjadi pengingkatan curah hujan hingga 40 persen dari musim hujan normal. Jadi, enggak heran jika kemudian banyak daerah di Indonesia yang mengalami banjir, banjir bandang, atau bencana lain akibat intensitas hujan yang tinggi.

Tingginya curah hujan ini juga turut disebabkan beberapa faktor, salah satunya La Nina. Fenomena La Nina pun diprediksi masih akan terjadi dalam kurun April hingga Mei 2021 di beberapa wilayah di Indonesia.

"Tapi (dampak akibat La Nina) ini sudah menurun, sudah mulai kembali ke titik normal. Mudah-mudahan Mei sudah mulai normal kembali," harap Rasmid.

TemanBaik, tetap jaga kesehatan dan menyiapkan ragam antisipasi untuk menghadapi fenomena saat pancaroba ini. Jangan lupa, karena masih dalam pandemi COVID-19, tetap jalankan protokol kesehatan dengan disiplin ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/NASA
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler