Keren! Program Rantang Siswa Diikuti Banyak Peserta

Bandung - TemanBaik, Dinas Pendidikan Jawa Barat punya program yang diberi nama 'Rantang Siswa'. Program berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan ini melibatkan para siswa di Jawa Barat. Banyak banget loh pesertanya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, pada 24 April 2021 lalu tercatat ada 514.079 siswa yang mengikuti Rantang Siswa. Mereka berasal dari berbagai tingkata, mulai dari SD, SMP. dan SMA/SMK/LB. 

"Partisipasinya sungguh luar biasa. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menimbulkan dan menumbuhkan karakter positif bagi siswa," kata Dedi, Senin (26/4/2021).

Lewat kegiatan tersebut, para siswa juga diharapkan jadi pribadi yang lebih peka dan solutif terhadap orang-orang di sekitarnya. Sehingga, mereka diharapkan tumbuh jadi pribadi yang peduli terhadap orang lain.


Mekanisme dari Rantang Siswa ini cukup sederhana. Siswa hanya diajak untuk membagikan makanan kepada orang di sekitar rumahnya yang membutuhkan. Apa yang dilakukan kemudian diunggah ke media sosial Instagram dan disertai tagar #rantangsiswa.

"Kawan-kawan yang merupakan siswa-siswi di Jabar ini mereka sangat antusias. Kita lihat di hastag, ada di antaranya yang masak sendiri. Tempatnya juga berbagai macam bisa pakai nasi dus, besek, boks, Tapi ternyata ada juga yang malah pakai rantang beneran dan dia katakan dia masak sendiri dan senang," jelas Dedi.

Menurutnya, ada juga peserta kegiatan yang membagikan makanan secara masif dengan bergabung bersama OSIS sekolah. Mereka membagikan makanan tersebut kepada pejalan kaki dan pembersih jalan bersamaan dengan waktu buka puasa.

Usai melihat antusiasme para siswa, menurutnya bukan tak mungkin ke depan bakal ada kegiatan positif lain yang dilakukan dengan gotong royong. Sehingga, karakter siswa diharapkan semakin tumbuh dengan baik.

"Kita ingin ini bukan kegiatan yang terakhir, tapi ke depan akan ada kegiatan positif lainnya yang dapat dilakukan secara bersama-sama," tutur Dedi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar PGRI Dudung Nurullah Koswara mengapresiasi program Rantang Siswa tersebut. Kegiatan ini dinilai dapat melatih mental dan sikap siswa agar punya jiwa sosial tinggi.

"ApaIagi di bulan suci Ramadan, tepat dan pas momentumnya. Tangan di atas lebih baik dari tangan dibawah," ungkapnya.

Soal foto kegiatan yang diunggah melalui media sosial, ia pun menyambut positif. Sebab, melalui foto-foto para peserta Rantang Siswa, diharapkan semakin banyak orang yang turut tergerak hatinya melakukan #AksiBaik serupa.

"Faktanya, konten dunia maya penuh hal negatif. Gerakan siswa mengguyur dunia maya dengan aktivitas positif adalah tepat," katanya.

Foto: dok. Dinas Pendidikan Jawa Barat/Muhammad Adam
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler