'De Nederlandse Dodenherdeking', Penghormatan bagi Korban PD II

Bandung - TemanBaik, tahukah kamu jika tiap tanggal 4 Mei diperingati sebagai 'De Nederlandse Dodenherdenking'? Ya, ini merupakan peringatan nasional setiap 4 Mei yang dilakukan Belanda untuk mengenang korban yang terbunuh pada Perang Dunia II dan seterusnya.

Pada peringatan tahun 2021, obor kehormatan di Algemeen Monumen, Ereveld Pandu kembali dinyalakan setelah sekian lama padam. Tepat pukul 20.40 WIB, api kehormatan itu dibawa dan dinyalakan oleh Opzichter Ereveld Pandu, Dicky Purwadi. Berdasarkan sumber sejarah, penyalaan api kehormatan itu terakhir kali dilakukan pada dekade 1960-an.



Peringatan 'De Nederlandse Dodenherdenking' atau Remembrance the Fallen tahun 2021 dihelat secara sederhana. Selain penyalaan obor kehormatan, ada pula upacara peringatan, pembacaan puisi dan iringan musik. Tiap segmen acara ditandai oleh satu kali pukulan bel, sedangkan pembuka dan penutup acara ditandai 7 kali pukulan bel dan 7 kali suara peluit.

"Angka 7 ini menyimbolkan jumlah Ereveld di Indonesia yang berjumlah 7," ujar Gatot Gunawan selaku koordinator acara.

Baca Ini Juga Yuk: Lakukan Hal Ini agar Bisnismu Tetap Berkembang saat Pandemi

Isian musik, baik itu sebagai pengiring yang diputar ulang dari alat pemutar atau tabuhan perkusi yang dimainkan secara langsung, seluruhnya mengadaptasi dari kebudayaan Belanda. Begitu pula puisi yang dibacakan dalam 2 bahasa: Indonesia dan Belanda.

Sebagai informasi, peringatan 'De Nederlandse Dodenherdeking' tiap 4 Mei di Belanda dilakukan pada pukul 8 malam atau tepatnya pukul 20.40 waktu Belanda. Pada hari tersebut, seluruh aktivitas warga dihentikan. Warga diminta mengikuti sesi 2 menit hening untuk menghormai peringatan ini.



Jika ada kegiatan sekaliber konser musik atau sepakbola, pada momen itu kegiatan tersebut dihentikan sejenak. Menarik ya cara Belanda menghargai sejarahnya.

Penyalaan api yang dilakukan pada 3 Mei 2021 malam itu dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama korban yang gugur dalam Perang Dunia II. Pembacaan nama-nama dilakukan pada keesokan harinya, Selasa (4/5/2021) pukul 06.00 WIB. Acara kemudian ditutp dengan upacara pelatakan karangan bunga pada pukul 08.00 setelah pembacaan nama-nama korban.

TemanBaik, acara 'De Nederlandse Dodenherdenking' bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita untuk lebih menghargai sejarah bangsa. Sebab, bangsa yang besar salah satunya adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

Foto: Djuli Pamungkas/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler