5 Tradisi Unik Perayaan Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bandung - TemanBaik, Indonesia kaya banget akan berbagai tradisi, termasuk dalam merayakan Idulfitri alias Lebaran. Tradisi itu pun ada yang masih tetap lestari hingga kini.

Nah, dalam edisi ini, BeritaBaik.id akan menyajikan tradisi unik perayaan Lebaran di lima daerah di Indonesia. Simak ulasannya, yuk!

1. Tradisi Meugang
Tradisi ini biasanya dilakukan warga Aceh menjelang Lebaran. Dalam tradisi ini, warga akan berkumpul di satu masjid untuk memasak daging. Setelah matang, daging itu akan disantap besama. Tak jarang, daging yang sudah matang itu juga dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Tradisi ini sangat kental dengan nilai gotong royong. Sebab, semua yang hadir di lokasi akan membagi peran satu sama lain. Semua punya tugasnya masing-masing.

2. Ngejot
Tradisi unik berikutnya adalah ngejot yang ada di Bali. Ya, meski di Bali agama Islam bukan mayoritas, tradisi perayaan Idulfitri juga tetap ada kok. Tinggi banget kan toleransi beragama di sini?

Dalam tradisi ini, umat muslim akan membagikan makanan bagi semua warga tanpa memandang agama hingga rasnya. Uniknya, hal serupa juga dilakukan umat Hindu loh ketika mereka merayakan hari besar agamanya.

Baca Ini Juga Yuk: Gerakan Cinta Zakat di Sebatik Timur Tembus Rp70 Juta Sehari

3. Festival Tumbilotohe
Tradisi ini berasal dari Gorontalo. Apa sih yang dilakukan dalam festival tumbilotohe? Para warga akan menyalakan lampu berbahan minyak tanah. Selanjutnya, lampu minyak bakal digunakan untuk menerangi sepanjang jalan di Gorontalo.

Untuk apa ya lampu minyak ini dipasang? Tujuannya tentu untuk menerangi jalan. Dengan begitu, warga desa bisa membagikan zakat dengan lancar.

4. Festival Meriam Karbit
Di Pontianak, ada festival meriam karbit yang diyakini sudah ada sejak 200 tahun lalu. Sesuai namanya, dalam festival ini menggunakan banyak meriam uyntuk diletakkan di pinggir Sungai Kapuas.

Namun, meriam yang digunakan tentu bukan meriam sungguhan, melainkan terbuat dari bambu. Jelang malam takbiran, meriam-meriam bambu ini bakal dinyalakan warga. Ini sebagai tanda Idulfitri sudah di depan mata.

5. Bedulang
Tradisi ini berasal dari Bangka Belitung. Intinya, tradisi ini merupakan kegiatan makan bersama untuk merayakan Idulfitri. Disebut dengan istilah bedulang, tradisi ini sangat kental akan kebersamaan.

Keunikan lain dari tradisi ini adalah mereka yang makan enggak boleh menggunakan sendok. Mereka harus menggunakan tangan. Oleh karena itu, harus dipastikan tangan bersih ya jika mengikuti tradisi ini.

Proses memakannya juga ada aturannya. Orang yang paling tua diharuskan mengambil makanan duluan dan dilanjutkan berurutan hingga orang berusia paling muda.

Foto: en.wikimedia.org/atribusi-Meutia Chaerani  
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler