Mau Salat Idulfitri Berjamaah? Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Bandung - TemanBaik, umat muslim sebentar lagi akan segera menghadapi Idulfitri alias Lebaran. Namun, ada perbedaan dibanding sebelum-sebelumnya, yaitu dalam dua tahun beruntun Lebaran diperingati di tengah pandemi COVID-19.

Untuk tahun ini, salat Idulfitri bisa dilaksanakan. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan di wilayah yang dinyatakan aman dari COVID-19. Sedangkan di wilayah yang tergolong kurang aman, pelaksanaan salat Idulfitri berjamaah dilarang.

Meski begitu, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi yang di daerahnya boleh melaksanakan salat Idulfitri berjamaah. Jadi, jangan karena semangat ingin melaksanakan salat Idulfitri berjamaah, kamu justru abai pada keselamatan sendiri.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan dan dihindari saat pelaksanaan salat Idulfitri nanti? Simak penjelasannya, nih!

1. Pastikan dalam Kondisi Sehat
Ini hal penting yang harus kamu pastikan. Sebab, ketika sedang enggak sehat, memaksakan diri salat Idulfitri berjamaah justru membayahakan diri sendiri. Bisa jadi kamu lebih rentan terpapar COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

2. Pastikan Protokol Kesehatan
Ini juga enggak kalah penting. Sebab, di masa pandemi, penerapan protokol kesehatan dengan ketat jadi salah satu senjata utama untuk mencegah terpapar COVID-19 maupun penyakit menular lain.

Panitia salat Idulfitri maupun DKM masjid, harus bisa memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Sebab, ada aturan dari pemerintah yang mesti dilakukan.

Baca Ini Juga Yuk: Langkah Pemprov Jabar Antisipasi COVID-19 di Tempat Wisata

Beberapa di antaranya adalah kapasitas jamaah maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada, pengecekan suhu sebelum masuk, menggunakan masker selama berada di lokasi, menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer, hingga tidak berkerumun.

Nah, jika ada yang abai, alangkah baiknya jika kamu mengingatkan panitia atau warga yang tak patuh pada protokol kesehatan. Karena ini demi kebaikan bersama, usahakan cara penyampaiannya juga baik ya.

3. Bawa Perlengkapan Salat Sendiri
Ini wajib banget loh kamu lakukan. Jadi, sebelum pergi ke tempat pelaksanaan salat Idulfitri, pastikan kamu membawa perlengkapan salat sendiri, terutama sajadah. Hindari menggunakan alat salat sepergi sajadah secara bersama dengan orang ya.

Bukan karena pelit. Hal ini perlu kamu lakukan biar kamu enggak tertular atau menularkan COVID-19 maupun penyakit lainnya.

4. Hindari Bersalaman
Seusai salat Idulfitri, tradisi yang sering dilakukan di tempat salat adalah bersalaman dan saling meminta maaf. Namun, hindari bersalaman ya untuk Lebaran kali ini. Sebab, bersalaman bisa jadi sarana penularan virus.

Tentu kamu sudah terbiasa kan selama setahun ini menghindari bersalaman? Namun, karena terbawa suasana Idulfitri, bisa aja kamu lupa dan akhirnya malah bersalaman hingga cipika-cipiki. Ingat ya, sebisa mungkin hindari bersalaman!

"Kebiasaan salam ini bisa diganti, misalnya dengan 'salam Sunda', berjarak saja tanpa bersentuhan," ujar Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridz, Selasa (11/4/2021).

5. Bergegas Meninggalkan Lokasi
Ini juga enggak kalah penting. Setelah selesai mengikuti rangkaian salat Idulfitri, sebaiknya kamu segera meninggalkan lokasi. Stop! Hindari kumpul-kumpul di sekitar tempat salat Idulfitri ya.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan jika ingin melaksanakan salat Idulfitri nanti? Yuk, lakukan langkah-langkah di atas demi kebaikan bersama.

Foto: Ilustrasi/dok. Djuli Pamungkas/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler