Fakta Komodo yang Sering Disangka Turunan Dinosaurus

Bandung - TemanBaik, selama ini komodo banyak yang mengira sebagai spesies keturunan dinosaurus. Benar atau enggak sih pandangan ini?

Paleontolog dari Museum Geologi Unggul Prasetyo memberi penjelasannya, nih. Komodo ternyata bukan spesies keturunan dinosaurus. Simak ulasan lengkapnya, yuk!

"Komodo itu berbeda nenek moyang dengan dinosaurus," kata Unggul.

Dinosaurus sendiri diperkirakan hidup dalam kurun 235 juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Itu artinya, ada jeda yang sangat panjang di antara fase musnahnya dinosaurus hingga munculnya komodo.

Perbandingannya, terakhir kali dinosaurus punah adalah sekitar 65 juta tahun lalu. Sedangkan komodo pertama kali muncul diperkirakan 30 juta tahun lalu. Ya, ada jeda sekitar 35 juta tahun.

"Komodo itu kadang orang umum menganggapnya itu hewan purba karena mirip dinosaurus. Tapi, sebenarnya mereka secara perkembangan kehidupannya baru muncul sekitar 30 juta tahun yang lalu," kata Unggul.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Fakta Menarik dari Landak Jawa yang Perlu Kamu Tahu

Jadi, jika dikaitkan antara dinosaurus dan komodo, antara keduanya tidak ada hubungannya sama sekali. Sebab, keduanya hidup di masa yang berbeda dan terpaut sangat jauh. Meski begitu, komodo tetap bisa disebut sebagai hewan purba yang keturunannya masih ada hingga kini.

"Hidup sekitar 30 juta tahun itu bisa dibilang purba. Tapi, memang lebih purba dinosaurus," jelas Unggul.

Karena hidup di zaman yang berbeda dengan dinosaurus, komodo diperkirakan bisa bertahan hidup sampai sekarang. Apalagi, habitat tempat komodo itu hidup juga sangat mendukung bagi mereka untuk tetap lestari.

"Komodo itu awalnya muncul di Australia, turunannya bermigrasi ke arah Indonesia dan sekarang tersisa di Pulau Komodo," ungkap Unggul.

Namun, seiring perkembangan zaman, keberadaan komodo kini cukup memprihatinkan karena tak banyak hidup di berbagai wilayah. Di Indonesia sendiri komodo saat ini hidup di Pulau Komodo.

Di tempat inilah keberadaan mereka berusaha dilestarikan sebaik mungkin. Harapan besarnya agar spesies langka ini bisa tetap ada ke depan. Yuk, kita jaga sama-sama agar komodo ini enggak mengalami kepunahan.

Foto: Dok. Pesona Indonesia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler