'No! Go! Tell!', Kampanye Edukasi untuk Lawan Kekerasan Seksual

Jakarta - TemanBaik, kasus kekerasan seksual masih terus terjadi di Indonesia dan dapat menimpa siapa saja tanpa memandang gender maupun usia. Sebagai masyarakat Indonesia, menjadi tugas kita untuk turut bergerak dan bersuara memberantas kekerasan seksual. 

Salah satu cara untuk memberantas kekerasan seksual di Indonesia adalah dengan terus memberikan edukasi pada masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang paham soal isu kekerasan seksual, maka diharapkan kepedulian masyarakat pun akan turut meningkat.

Maka sebagai bentuk dukungan untuk memberikan edukasi pada masyarakat soal isu kekerasan seksual, The Body Shop Indonesia meluncurkan kampanye 'No! Go! Tell! (katakan Tidak, Jauhi, Laporkan) yang akan berlangsung selama bulan Juni hingga Agustus 2021. 

"Kampanye ini merupakan lanjutan dari kampanye Stop Sexual Violence. Di tahap kedua ini, kami ingin menjangkau lapisan masyarakat lebih luas, mulai dari anak-anak dan pelajar, mahasiswa, hingga lingkungan perkantoran dengan fokus utama edukasi dan tindak pencegahan kekerasan seksual," ujar Suzy Hutomo, Owner dan Executive Chairperson The Body Shop Indonesia. 

Baca Ini Juga Yuk: Menyelami Perasaan Guru saat Bisa Melihat Siswa Lagi

Kampanye 'No! Go! Tell!' ini berfokus pada dua aspek, yaitu prevention atau pencegahan dengan tujuan membuat mekanisme keamanan bagi seluruh perempuan untuk mencegah dari bahaya kekerasan seksual. 

Fokus kedua adalah recovery atau pemulihan dengan tujuan menciptakan ruang aman dan mendukung program pemulihan bagi korban kekerasan seksual khususnya pada perempuan.

Kampanye 'No! Go! Tell!' ini bukan tanpa arti loh, TemanBaik. Kata 'No' atau tidak berarti masyarakat harus paham berbagai bentuk tindak kekerasan seksual dan berani mengatakan tidak jika mengalaminya. 

'Go' atau jauhi berarti masyarakat harus menjauhi dan segera pergi jika merasa tidak nyaman dan tidak aman di suatu tempat. Bergegaslah mencari tempat yang dirasa lebih aman. 

'Tell' atau laporkan berarti setiap masyarakat yang mengalami atau melihat tindak kekerasan seksual harus berani melaporkan kejadian pada pihak atau orang yang dipercaya. 

Dalam hal ini The Body Shop Indonesia mengedukasi dengan memberikan informasi mengenai yayasan, lembaga, hingga komunitas yang dapat menampung pengaduan atas situasi kekerasan seksual agar para korban mendapat rasa tenang dan aman. 

Sama seperti kampanye Stop Sexual Violence yang telah terlaksana beberapa waktu lalu, dalam Kampanye 'No! Go! Tell!'  The Body Shop Indonesia kembali berkolaborasi dengan Yayasan Plan International Indonesia, Magdalene.co, Yayasan Pulih, dan Makassar International Writers Festival. 

"Yayasan Pulih mengapresiasi berlanjutnya kolaborasi antara The Body Shop Indonesia, Yayasan Pulih, Magdalene, Makassar International Writers Festival, dan Plan Indonesia. Kolaborasi tersebut sebagai upaya bersama untuk terus memperjuangkan pencegahan kekerasan seksual di Indonesia," ujar Wawan Suwandi, public relation Yayasan Pulih. 

Kampanye 'No! Go! Tell!' juga akan menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan yang melibatkan banyak pihak loh, TemanBaik. Khususnya di institusi pendidikan dan para pekerja kantoran yang juga rentan terhadap tindak kekerasan seksual. 

Nah, melalui kampanye 'No! Go! Tell!' ini semoga bisa lebih banyak memberi edukasi pada masyarakat soal isu kekerasan seksual ya. TemanBaik juga jangan lupa untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan dan meningkatkan kepedulian terhadap tindak dan kasus kekerasan seksual!

Foto: dok. The Body Shop Indonesia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler