Ini Fakta Menarik tentang Gajah yang Ternyata Jago Berenang

Bandung - TemanBaik, tahu kan jika gajah punya ukuran tubuh yang besar dan bobotnya berat banget? Pernah membayangkan enggak jika gajah berenang di area perairan luas seperti lautan? Bakal tenggelam enggak, ya?

Gajah ternyata merupakan fauna yang jago banget berenang, loh. Mau tahu fakta menariknya? Simak ulasannya, yuk!

"Gajah itu kan dia (punya kemampuan) berenang dengan jarak yang cukup jauh," kata paleontolog Museum Geologi Unggul Prasetyo Wibowo kepada Beritabaik.id.

Punya Banyak Gas dan 'Spons'
Kok bisa ya gajah yang bobotnya berton-ton punya kemampuan berenang begitu hebat? Itu karena dalam perut gajah terdapat banyak gas. Sehingga, meski tubuhnya besar, gajah punya kemampuan mengambang di air dan berenang dengan sangat baik.

Selain itu, anatomi pada bagian kepala gajah cukup unik. Di dalamnya terdapat semacam struktur yang mirip spons. Hal ini membuat gajah menjadi lebih ringan ketika berada di air. "Kepala gajah ini kelihatannya besar, tapi di dalamnya (semacam) spons. Jadi memang enteng (ketika di air)," ungkap pria asal Banyumas tersebut.

Kemampuan Snorkeling
Keunikan berikutnya, gajah memiliki kemampuan melakukan semacam snorkeling. Saat berenang, gajah menggunakan belalai untuk bernapas. Saat sebagian besar badannya berada di dalam air, belalainya jadi senjata agar pernapasannya tetap berjalan lancar.

Jarak Tempuh
Mau tahu enggak berapa jarak yang bisa ditempuh gajah saat berenang? Penelusuran dari berbagai sumber, si kuping besar ini ternyata bisa menempuh jarak hingga 48 kilometer loh. Bahkan, gajah mampu berenang enam jam tanpa henti dengan kecepatan sekitar 2,1 kilometer per jam. Kuat banget, kan?

Sedangkan di daratan, umumnya gajah bisa menempuh perjalanan hingga 128 kilometer dalam sehari. Ini menandakan gajah punya otot kaki yang kuat, baik untuk berjalan maupun berenang di perairan terbuka.

Baca Ini Juga Yuk: Markis Kido dan Perjalanan Menarik Karier Bulu Tangkisnya

Bisa Bertahan Tiga Hari
Jika gajah berenang, terutama hingga ke lautan lepas, berapa lama ya mampu bertahan? Hal ini akan tergantung dari 'simpanan' tenaga yang dimiliki gajah.

"Gajah tuh bisa tiga hari enggak makan. Kalau dia masih punya tenaga, sampai tiga hari tuh masih bisa (berenang)," ucap Unggul.

Salah satu yang membuat gajah ini berenang adalah mencari makanan. Sebab, gajah punya kemampuan untuk mendeteksi makanan dari jarak yang sangat jauh. "Gajah ini punya penciuman yang cukup bagus. Kalau masuk range-nya, walaupun ada barrier (terhalang) air, dia tahu di sana ada (makanan), ya dia berenang untuk mencari ke sana," jelasnya.

Saat lelah berenang di perairan, gajah akan berhenti beberapa saat dan membiarkan dirinya mengambang. Setelah rasa lelahnya hilang, gajah akan melanjutkan kembali perjalanan.

Penuh Perhitungan
Namun, gajah ini tentu enggak sembarangan berenang. Sebab, gajah punya perhitungan tersendiri ketika akan menembus perairan. Jadi, gajah ini tergolong hewan pintar dan penuh perhitungan.

"Biasanya enggak akan senekat itu. Gajah itu dia binatang yang pintar, dia bisa tahu range wilayah seluas apa (yang memungkinkan dijangkau)," ujar Unggul.

Meski begitu, ada pandangan juga dari ahli lain bahwa gajah berenang bukan semata-mata demi mencari makanan. Berenang ini jadi salah satu cara gajah untuk mendinginkan suhu tubuh karena tinggal di area bersuhu panas.

Secara umum, kemampuan gajah dalam berenang ini hampir sama dengan gajah purba. Hal inilah yang disinyalir membuat gajah purba menyebar ke beberapa daerah, termasuk di Indonesia.

Foto: Ilustrasi/Photo by ray rui on Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler