Mengobati Rindu WNI di Amerika Lewat 'WaRoeNG'

Jakarta - TemanBaik, hidup di luar negeri tak seindah yang dibayangkan. Mereka yang tinggal di luar negeri kerap dilanda rindu menggebu pada orang-orang tercinta di Indonesia.

Tak hanya itu, mereka juga kerap dibayangi kerinduan akan makanan dan minuman dari Indonesia yang sulit didapatkan di luar negeri. Bahkan, tak jarang ada yang meminta bantuan keluarga atau teman untuk dikirimkan makanan dari Indonesia.

Ya, hal semacam ini dianggap jadi obat, apalagi jika sudah lama enggak pulang ke Indonesia. Bahkan, bisa mendapat kiriman sambal khas Indonesia saja ada yang merasa bahagia banget.

Namun, bagi warga Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, khususnya di Chicago, 'obat kangen' akan makanan dan minuman Indonesia kini bisa didapat dengan mudah. Sebab, di Chicago kini ada tempat bernama WaRoeNG.

Menilik dari namanya, tentu sudah Indonesia banget, kan? Apalagi namanya dibumbui dengan ejaan lama. WaRoeNG ini merupakan grocery store alias toko bahan makanan. Tempat ini menghadirkan aneka produk dan makanan dari Indonesia.

Ada bumbu untuk masakan khas Indonesia, penyedap rasa, abon, teh upet, hingga rendang. Yang Indonesia banget tentu saja ada juga aneka sambal seperti sambal teri, sambal teri pete, sambal kemangi, hingga terasa matang siap pakai.

Baca Ini Juga Yuk: Kisah Rohaniawan Indonesia yang Melayani Warga Kenya

Coba deh bayangkan kamu berbulan-bulan atau bertahun-tahun tinggal di luar negeri dan tiba-tiba bisa merasakan makanan-minuman khas Indonesia di atas? Pasti bahagia banget, deh!



Hadir Sejak Pekan Lalu
Keberadaan WaRoeNG ini belum lama. WaRoeNG baru melakukan grand opening alias pembukaan pada Sabtu (12/6/2021). Acara pembukaan berlangsung sederhana.

Peresmian toko ini ditandai pemotongan pita oleh Wali Kota Schaumburg Tom Dailly, Senator Michelle Mussman, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir, Membership Director Asosiasi Bisnis Schaumburg Matt East, Presiden Indonesian Diaspora Network Martino Tangkar, serta tiga pemilik toko WaRoeNG, yaitu Tasya Hardono, John Avila, dan Windy Priliantining.

WaRoeNG ini jadi grocery store pertama di Chicago. Sehingga, warga Indonesia di Amerika, khususnya di Chicago, diharapkan tak lagi kesulitan mencari produk makanan dan minuman dari Indonesia.

"Ini bukan hanya mimpi saya, tapi juga mimpi orang Indonesia, karena selama ini tidak ada grocery store Indonesia di Chicago," kata Tasya, salah seorang pemilik WaRoeNG, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, Jumat (18/6/2021).

Hadirnya WaRoeNG ini diharapkan jadi solusi bagi WNI di sana yang kangen dengan makanan dan minuman Indonesia. Selain itu, Tasya dan kawan-kawan berharap tokonya bisa jadi jembatan untuk mendekatkan masyarakat Amerika Serikat dengan Indonesia.

Apalagi, kawasan Schaumburg yang dihuni beragam warga, jadi kesempatan dan daerah yang baik untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia. "Dengan mengundang wali kota, senator, dan asosiasi bisnis, saya ingin memperkenalkan kepada mereka bahwa produk-produk Indonesia juga berkualitas dan layak dihadirkan ke komunitas setempat," tutur Tasya.

Secara khusus, Tasya mengapresiasi KJRI Chicago yang sejak awal memberi dukungan padanya untuk menghadirkan WaRoeNG. Apalagi, KJRI Chicago juga memasilitasi pertemuan dengan para importir makanan dan minuman yang banyak terdapat di Pantai Barat Amerika Serikat. Sehingga, WaRoeNG akhirnya bisa dihadirkan dan beroperasi.

Schaumburg sendiri tercatat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kedua terbesar di Negara Bagian Illinois. Di kawasan ini, banyak terdapat peritel besar ternama maupun pebisnis menengah dan kecil.

"Situasi ekonomi tahun ini terus membaik. Ada lebih dari 4.000 pebisnis di Schaumburg dan jumlahnya terus bertambah," ujar Membership Director Asosiasi Bisnis Schaumburg (SBA) Matt East.

Ia sendiri optimis bahwa toko ini tak sekadar jadi 'obat kangen' bagi warga Indonesia. Ia meyakini WaRoeNG akan berkembang. "Lebih jauh, ini dapat menjadi awal kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Schaumburg. Asosiasi kami dan pemerintah setempat siap mendukung dan bekerja sama," tutur Matt East.

Bikin Wali Kota dan Senator Antusias
Hadirnya WaRoeNG ini enggak hanya bikin senang warga Indonesia, loh! Wali Kota Schaumburg Tom Dailly juga senang karena salah satu titik di wilayahnya menjual aneka produk Indonesia.

"Kami sangat senang Schaumburg dipilih sebagai lokasi toko ini," ujarnya.

Ia pun memuji banyaknya ragam produk yang ditawarkan. Menurutnya, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas Indonesia dan warga setempat. Sehingga, toko ini memiliki kesempatan baik untuk terus berkembang.

Di antara aneka produk yang ada, Tom Dailly secara khusus sangat tertarik dengan produk kerajinan yang juga dijual di lokasi. Sebab, ia merupakan penggemar kerajinan tangan. Pujian pun dilayangkannya.

"Sebagai penggemar kerajinan tangan, saya senang di sini juga dijual produk kerajinan yang sangat bagus," ungkapnya.

​Senator Michelle Mussman dari Illinois House of Representatives yang mewakili Distrik ke-56 juga menyambut gembira toko ini dibuka di Schaumburg. "Kehadiran wali kota dan asosiasi bisnis menunjukkan bahwa komunitas Schaumburg menyambut toko ini dengan tangan terbuka dan siap mendukung," ucapnya.

Ia juga tersentuh saat mendengarkan cerita sejumlah diaspora Indonesia yang antusias karena toko ini akhirnya bisa mengingatkan mereka kembali pada masa lalunya. "Saya juga antusias karena berkesempatan mencoba beberapa makanan baru dari Indonesia," kata Michelle.

Mimpi Besar Impor Mamin Indonesia
​Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas beroperasinya WaRoeNG. Ia pun membenarkan jika toko itu adalah yang pertama di sana.

"Ini merupakan toko pertama di Chicago dan sekitarnya yang benar-benar menghadirkan produk Indonesia, terutama makanan dan minuman," kata Konjen Meri.

Sejak tiba di Chicago, Meri sendiri melihat masyarakat dan diaspora Indonesia di sekitaran Chicago mengalami kendala. Sebab keterbatasan produk mamin alias makanan dan minuman Indonesia sangat sulit didapat. Sehingga ia membantu mendorong membawa produk mamin Indonesia yang lebih beragam ke wilayah Midwest.

Selain menggencarkan gastrodiplomasi untuk mempromosikan khazanah kuliner Indonesia dalam program Indonesian Gourmet Day melalui kolaborasi dengan sejumlah restoran Indonesia, KJRI Chicago juga intens melakukan diskusi dengan diaspora dan importir.

Kehadiran toko WaRoeNG pun diharapkan semakin memperlancar distribusi produk mamin Indonesia ke wilayah Midwest. Sehingga, produk mamin semakin mudah didapat diaspora Indonesia dan warga lokal.

Selain itu, keberadaan toko ini tentunya akan semakin memperkuat eksposure dan diharapkan dapat mendorong ekspor produk mamin Indonesia ke wilayah Midwest. Ini sejalan dengan misi pemerintah dalam rangka peningkatan ekspor produk-produk Indonesia yang tengah digencarkan KJRI Chicago.

Foto: KJRI Chicago (www.kemlu.go.id)
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler