Keren! Bandung Dipakai Jadi Nama Jembatan di Jerman

TemanBaik, jika kamu berkunjung ke Jerman, tepatnya ke Taman Kota Braunschweig, kamu bakal menemukan sesuatu yang unik. Di sana ada sebuah jembatan yang diberi nama Jembatan Bandung.

Jembatan ini baru saja diresmikan pada 18 Juni 2021. Jembatan Bandung ini jadi bagian dari peringatan 60 tahun kerja sama kota kembar (sister city) Bandung-Braunschweig. Hadirnya Jembatan Bandung ini juga diharapkan makin mempererat hubungan di antara kedua kota.

"Peresmian Jembatan Bandung diharapkan menjadi batu loncatan untuk membuka bab kerja sama baru yang dinamis dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas," kata Konjen RI Hamburg Ardian Wicaksono dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri.



Peresmian Jembatan Bandung ini digelar sederhana mengingat masih dalam pandemi COVID-19. Dalam kegiatan ini, Ardian hadir mewakili pemerintah Indonesia, khususnya Kota Bandung. Sedangkan Kota Braunschweig diwakili Wali Wali Kota Annegret Ihbe.

Kegiatan peresmian Jembatan Bandung ini juga diisi partisipasi diaspora Indonesia. Mereka menampilkan budaya Indonesia, seperti musik keroncong, tarian Bali, hingga gastrodiplomasi Indonesia.

Kerja sama Bandung dan Braunschweig sendiri resmi dilakukan sejak 1960. Kerja sama keduanya diisi dengan berbagai kegiatan positif bagi kedua kota. Di antaranya pertukaran pemuda, pembangunan gelanggang olahraga, penataan kota, dan partisipasi pada festival budaya di masing-masing kota.

Baca Ini Juga Yuk: Mengobati Rindu WNI di Amerika Lewat 'WaRoeNG'

Setelah 60 tahun berjalan, kerja sama kedua kota diharapkan makin erat. Sehingga, kedua kota, terutama warganya, bisa merasakan dampak positifnya. Semoga makin 'tua' makin mesra, ya, TemanBaik.

Kerja sama Bandung-Braunschweig yang diinisiasi pada tahun 1955 dan diresmikan pada 1960 ini memiliki arti spesial. Sebab, kerja sama kota kembar ini adalah yang pertama kali dlakukan kota di Indonesia dengan kota di negara lain. Oleh karena itu, kerja sama ini jadi rujukan bagi kerja sama sejenis yang dibentuk setelahnya.



Kerja sama kedua kota ini juga tidak lepas dari partisipasi Deutsche-Indonesische Gesellschaft (DIG) atau Ikatan Persahabatan Jerman-Indonesia di Braunschweig. Sejak 1964, DIG Braunschweig telah banyak menggelar kegiatan seperti pameran budaya, kuliah umum, dan pertukaran pelajar Indonesia-Jerman.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial dalam suratnya kepada Wali Kota Braunschweig menyatakan kerja sama kota kembar ini ke depannya akan dilakukan dengan melibatkan masyarakat. Sehingga, manfaatnya akan terasa secara langsung.

Foto: dok. KJRI Hamburg


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler