Yuk! Jaga Hutan dengan Tiga Cara Ini

Bandung - TemanBaik, setiap tanggal 22 Juni bertepatan dengan Hari Hutan Hujan Sedunia loh! Sebagai negara dengan hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Kongo, rasanya Indonesia perlu memperingati hari ini. 

Turut menjaga dan melestarikan hutan bisa dimulai dari diri sendiri dengan cara yang mudah kok, TemanBaik. Misalnya dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan seperti rajin membawa botol minum sendiri, hingga mengurangi penggunaan plastik.

Nah, ada dua TemanBaik yang mau berbagi inspirasi soal cara menjaga hutan yang mudah bahkan bisa dilakukan dari rumah. Mereka adalah Kathrinna Rakhmavika seorang ilustrator dan storyteller yang memiliki antusias terhadap isu sosial, alam, dan pendidikan. Serta Rinawati Eko yang merupakan ketua umum gerakan Hutan itu Indonesia. Simak yuk!

Pertama, membuat konten dan membagikannya. Di era digital saat ini tentu mudah bagi kita untuk membuat konten dan membagikannya di media sosial. Apalagi banyak isu menarik dari hutan sebagai ide untuk konten kita loh.

"Tema-tema hutan bisa menjadi tema yang anti mainstream karena menawarkan konten yang baru. Sebagai komikus kita bisa membuat komik bertemakan hutan, videografer bisa membuat video pendek atau storyteller bisa menceritakan banyak hal tentang hutan kita," ujar Kathrinna Rakhmavika, yang akrab disapa Nana. 

Baca Ini Juga Yuk: 21 Juni, Tanggal Penting untuk Dua Pemimpin Indonesia

Tidak hanya lewat media sosial, isu tentang hutan juga bisa kita bawa pada obrolan sehari-hari dengan teman. Rina mencontohkan momen saat sedang minum di kedai kopi. 

"Bisa cerita bahwa kopi yang enak, kopi dengan kualitas yang baik berasal dari pohon kopi yang ternaungi kanopi pepohonan di hutan. Kanopi-kanopi tersebut dijaga oleh  masyarakat setempat," cerita Rina. 

Kedua, jalan-jalan ke hutan kota. Di saat pandemi sepertinya sulit ya, TemanBaik jika kita ingin berlibur ke alam seperti hutan, pantai, atau gunung. Tapi di sisi lain, tempat terbuka menjadi salah satu pilihan yang baik dan cukup aman untuk dikunjungi.

Tenang, TemanBaik bisa loh berkunjung ke hutan kota yang terdekat dari tempat tinggalmu. Udara yang segar di hutan kota juga dapat menjadi pelepas stres disela padatnya aktivitas.

Diakui oleh Nana, taman kota dengan berbagai jenis pohon selalu memberikan kedamaian dan menjadi sumber ketenangan, terutama saat berjalan-jalan di sekitarnya sambil menikmati suasana dan kesejukan yang dihasilkan pepohonan.

Tidak hanya itu, hutan kota juga bisa menjadi salah satu tempat untuk kita belajar lebih banyak soal hutan dan pepohonan. Seperti pengalaman Rina saat piknik ke Kebun Raya Bogor. Wah, menarik ya, jika bisa menikmati udara bersih sambil menambah pengetahuan.

"Ternyata di Kebun Raya Bogor punya ribuan jenis tumbuhan. Tidak terbayang kalau di hutan seluruh Indonesia, ada puluhan ribu spesies mulai dari hewan dan tumbuhan, makanya hutan Indonesia dikenal sebagai megabiodiversity," papar Rina. 

Ketiga, ikut berdonasi bersama gerakan pelestarian hutan. Nah ini cara mudah dan terdekat yang bisa kita lakukan untuk secara langsung menjaga dan melestarikan hutan. Apalagi jika TemanBaik tinggal di perkotaan. 

"Bertepatan dengan Hari Hutan Hujan Tropis Sedunia, saya Ingin sekali mengajak teman-teman untuk bantu menjaga hutan dan makhluk hidup lainnya yang tinggal di hutan dengan cara berdonasi. Donasi pun bisa dimulai dengan Rp10 ribu melalui platform www.donation.hutanitu.id," ajak Rina. 

Dengan ikut berdonasi kita tidak hanya turut melestarikan hutan loh, TemanBaik. Tetapi juga ikut berkontribusi membantu masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

Selamat Hari Hutan Hujan Sedunia, TemanBaik! Jadi, apa kontribusimu dalam menjaga dan melestarikan hutan? 

Foto: dok Hutan itu Indonesia/Fotografer @Djuned77

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler