Jalani Isoman, Warga Jabar Dapat Telemedis hingga Obat Gratis

Bandung - TemanBaik, khususnya warga Jawa Barat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar COVID-19, ada berita baik nih buat kamu. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi kemudahan agar kamu lancar menjalani isoman.

Lewat aplikasi PIKOBAR, Pemprov Jawa Barat memberi pelayanan hingga obat dan vitamin gratis. Simak ulasannya, yuk!

Mereka yang menjalani isoman ini adalah orang terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala hingga gejala sedang. Namun, kamu sebaiknya tetap memperhatikan kesehatan ya, apalagi jika sudah dinyatakan positif.

Jika perlu berkonsultasi, kamu bisa memanfaatkan layanan telemedis gratis dengan dokter melalui aplikasi Pikobar. Caranya, masuk ke laman www.pikobar.jabarprov.go.id/isoman. Di sana kamu akan menemukan salah satu fitur, yaitu 'Konsultasi dengan Dokter'.

Setelah menekan fitur itu, pada deskripsinya ada link yang perlu kamu klik. Tinggal konsultasi deh dengan dokter. Sampaikan jika ada keluhan yang kamu rasakan agar kamu tahu harus melakukan apa.



Baca Ini Juga Yuk: Aksi Baik RMG Uwais, Bagikan 400 Porsi Makanan Sehari

Jadi, enggak perlu jauh-jauh pergi ke puskesmas, rumah sakit, atau pusat layanan kesehatan lainnya. Sehingga, selama isoman, kamu bisa tetap berada di area isoman tanpa perlu bertemu orang lain di rumah yang berpotensi terjadinya penyebaran dan penularan COVID-19.

Kamu yang sedang menjalani isoman juga bisa mengakses obat dan vitamin melalui Pikobar. Tentunya ini berdasarkan hasil konsultasi melalui layanan telemedis dan rekomendasi dokter.

Jika ingin mengajukan permohonan obat dan multivitamin, kamu tinggal mengunjungi laman yang serupa dengan di atas. Klik pada fitur 'Permohonan Kebutuhan Isolasi Mandiri'. Tinggal isi data yang diminta dan tunggu obat atau vitamin didistribusikan.

Untuk sementara, permohonan yang terkumpul pada 4-7 Juli 2021, obat dan vitamin akan didistribusikan paling lambat setelah 8 Juli 2021.

Siapkan Anggaran hingga Rp140 Miliar
TemanBaik, untuk menyediakan obat dan vitamin bagi pasien COVID-19 yang menjalani isoman ini, dana yang dipakai besar banget loh. Tak tanggung-tanggung, Pemprov Jawa Barat mengalokasikan anggaran hingga Rp140 miliar.

Anggaran ini merupakan hasil refocusing dana pembangunan 11 proyek infrastruktur. Sehingga, 11 proyek infrastruktur yang ada dihentikan sementara. Ini sebagai bentuk keberpihakan dan keseriusan menangani pandemi COVID-19 di Jawa Barat.

"Itu konsekuensinya karena keselamatan nyawa adalah prinsip utama yang harus didahulukan," ujar Gubernur Jawa Ridwan Kamil.

Dari 11 proyek itu, sebagian ada yang belum memasuki tahap lelang, ditunda hingga tahun depan, serta dikurangi volumenya. Konsekuensinya, 11 proyek infrastruktur yang ada akan mengalami pelamabatan.

"Akan kami geser dana 11 proyek infrastruktur ini senilai Rp140 miliar untuk diperbantukan kepada kedaruratan di COVID-19, yaitu akan menyubsidi gratis obat-obatan untuk pasien COVID-19 yang isoman," jelas mantan Wali Kota Bandung itu.

Foto: dok. Pikobar Jabar/instagram.com/pikobar_jabar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler