Sudah Tahu? Ada Museum Papua di Jerman, Loh!

Bandung - TemanBaik, Indonesia kaya banget akan berbagai budayanya. Banyak hal yang sangat menarik, bahkan membuat orang asing begitu jatuh cinta dengan Indonesia.

Bentuk cinta pada kebudayaan Indonesia pun bisa dilakukan dengan beragam cara. Bahkan, ada yang sampai membuat museum berbau Indonesia di luar negeri, loh!

Salah satunya adalah hadirnya Museum Papua yang berlokasi di Jerman. Museum ini hadir sejak 11 Oktober 2015 dan diresmikan Anies Baswedan yang masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

Museum ini berlokasi di Hanauer Landstraße 32, 63571 Gelnhausen, Jerman. Terletak di kompleks Palais Meerholz, seluruh area museum ini dipenuhi nuansa ornamen khas Indonesia. Sehingga, kesan Indonesia kuat banget di sini.

Baca Ini Juga Yuk: Jejak Keluarga Jerman yang Melegenda di Bandung

Museum Papua ini dibuat Dr. Werner Weiglein. Werner sendiri adalah seorang antropolog, peneliti, petualang, dan pengusaha. Ia sangat akrab dengan Papua karena kerap melakukan penelitian di sana.

Alhasil, ketertarikan dan kecintaan besar dimiliki Wener pada Papua. Kecintaan Weilgen terhadap tanah Papua ini ia buktikan dengan mendirikan museum tersebut.

Ada berbagai macam benda yang jadi koleksi di sana. Jika ditotalkan, semuanya berjumlah lebih dari 800 artefak. Banyak banget, kan?

Untuk membuat museum dan menghadirkan ragam koleksi di sana, prosesnya sangat panjang. Werner mengumpulkan objek dan artefak dari Papua sejak 1979. Koleksinya mulai dari jimat, patung, topeng, dan benda-benda lainnya.

Tak hanya museum, saking cintanya pada Papua, Werner bahkan mendirikan usaha travel di pegunungan Papua dan pekerjanya hampir semuanya warga lokal. Ini dilakukan agar semakin banyak orang tertarik pada Papua dengan segala keindahan dan budayanya.


Foto: www.papua-museum.de


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler