Asyik! UWRF 2021 Bisa Disaksikan Lewat kanal Youtube

Denpasar - TemanBaik, kamu ketinggalan sesi acara Ubud Writers & Readers Festival yang digelar Oktober lalu? Tenang, sekarang kamu bisa menyaksikannya gratis di kanal YouTube mereka.

Kabar ini dikonfirmasi langsung panita. Dalam keterangan resminya, pihak Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) menyebut, kini berbagai sesi pada URWF 2021 bisa kamu nikmati dengan mengunjungi kanal YouTube Ubud Writers and Readers Festival. Di sana, sudah tersaji daftar putar atau playlist sesi mana yang ingin kamu tonton.

Secara filosofis, Janet DeNeefe selaku pendiri dan Direktur URWF menjelaskan ide di balik festival ini adalah menghidupkan kembali komunitas, memberikan dorongan bagi perekonomian lokal, serta menciptakan inspirasi bagi masyarakat Bali dan masyarakat luas di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, rekaman sesi URWF dibebasakseskan agar bisa dinikmati lebih banyak audiens.

"Kami membuka semua rekaman sesi kami untuk umum karena kami ingin lebih banyak orang mendengarkan cerita luar biasa ini dan mengambil bagian dalam diskusi,” ujar Janet.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Intip & Ikuti Deretan Program Keren di URWF21

Sebagai ulasan singkat, Ubud Readers & Writers Festival 2021 mengusung tema Mulat Sarira atau bermakna refleksi diri. Cerita luar biasa dan ide-ide berani muncul tersaji pada festival edisi tahun ini. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, telah menyuarakan dukungannya terhadap Festival untuk membangun ekosistem seni dan budaya sastra yang lebih kuat di Indonesia.

Festival yang digelar hybrid ini mengumpulkan sekitar 10.000 penonton luring dan daring. Meningkatnya antusias masyarakat terhadap festival sastra dan budaya selama pandemi global ini menjadikan Yayasan Muda Swari Saraswati selaku penyelenggara acara juga menyediakan ruang bagi 125 vendor lokal untuk menjual produk kreatif mereka.

Oh ya, selain itu, UWRF juga bangga bermitra dengan Writing Western Australia (Writing WA), untuk mempersembahkan UWRF Perth dari 8-10 Oktober 2021 di Perth, Australia. Pembicara dari Ubud, Perth, dan dari kota masing-masing dapat melakukan diskusi terbuka secara daring maupun luring.

"Saya merasa bahwa sastra adalah apa yang kami butuhkan, kata-kata tertulis, kata-kata yang diucapkan, untuk menciptakan platform dimana kita semua bisa membicarakan ide-ide secara terbuka. Sekarang, kami memberikan kesempatan ini kepada anda untuk mengalami keindahan festival lagi," pungkas DeNeefe.

TemanBaik, selamat menyaksikan kembali siaran tunda sesi-sesi kece di Ubud Writers & Readers Festival ya! Coba beritahu kami, sesi mana yang kepengin banget kamu tonton lagi?


Foto: Dokumentasi Ubud Writers & Readers Festival


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler