'Hybrid Expo', Parade Karya Hebat Siswa SLBN Cicendo

Bandung - Acara kece dibikin SLBN Cicendo bertepatan pada Hari Guru Nasional, Kamis (25/11/2021). Di sini digelar 'Hybrid Expo' dengan tema 'Pendekar Beraksi'.

'Pendekar Beraksi' singkatan dari Peserta Didik Berkarakter Beraksi Selama Pandemi. Produk yang dipamerkan dalam acara ini berupa karya siswa-siswi TK LB, SD LB, SMP LB, hingga SMA LB Cicendo yang dibagi empat kategori.

Pada kategori pertama, yang ditampilkan merupakan karya kreativitas siswa TK LB hingga kelas 3 SD LB. Di sini, mereka menampilkan kreasi produk berkelanjutan dari sampah. Aneka produk kreatif seperti hiasan dinding, permainan anak, bingkai foto, serta karya seni rupa gambar nampil begitu apik.

Hal yang sama juga kita jumpai pada meja kedua. Di sini menampilkan karya siswa kelas 4 hingga 6 SD LB. Hanya saja, pada meja ini, kami menjumpai banyak gambar bertema Hari Guru Nasional dan Hari Pahlawan Nasional yang sama-sama jatuh pada bulan November.

Baca Ini Juga Yuk: Kerennya Harmonisasi Permainan Angklung Teman Tuli



Sedangkan pada kategori SMP LB, para siswa menampilkan karya berjudul 'Bangunlah Jiwa Raganya'. Di sini, mereka menunjukkan kreasi membuat poster. Beberapa tema poster yang cukup mencolok ialah poster bertema menolak korupsi dan memerangi pornografi.

Selain itu, mereka juga bikin poster wajah pahlawan seperti Dewi Sartika atau Bung Karno. Poster-poster ini hadir dalam bentuk visual kece sekaligus menggemaskan.

Lain halnya lagi dengan siswa SMA LB yang menampilkan karya kewirausahaan berupa produk kuliner. Aneka produk kuliner khas Jawa Barat yang ditampilkan ini merupakan hasil belajar siswa-siswi SMA LB yang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri mereka.

Enggak berhenti di situ, 'Hybrid Expo' ini juga menampilkan 'Duta Pendekar Masagi' dari tiap satuan pendidikan. Acara ini juga mendapat penilaian dari para dewan juri. Salah seorang penilainya akademisi dari Universitas Pendidikan Indonesia. Keren banget pokoknya!

Baca Ini Juga Yuk: Ngobrol dengan Siti, Teman Netra Hafiz yang Jago Bernyanyi



"Kegiatan expo ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan pembelajaran dalam aktivitas literasi dan seni, wahana menunjukan potensi bakat dan minat peserta didik, mengekspos hasil karya dan bakat peserta didik tunarungu SLBN Cicendo Kota Bandung dan mengekspos dunia anak tunarungu kepada masyarakat umum," ujar WItri Erdiawati selaku Bidang Acara di Hybrid Expo edisi 2021.

Staf Wakasek Kesiswaan SLBN Cicendo ini menjelaskan, 'Hybrid Expo' edisi 2021 merupakan kali kedepalan digelar. Karena masih diselenggarakan dalam masa pandemi, 'Hybrid Expo' kali ini juga disiarkan daring melalui kanal YouTube SLBN Cicendo.

Witri menambahkan, hasil karya yang nampil di acara ini merupakan proses pembelajaran selama kurang lebih satu semester ganjil 2021/2022. Karya-karya ini juga mencerminkan profil 'Pelajar Pancasila' yang digaungkan pemerintah melalui Kemendikbudristek.

TemanBaik, penasaran dengan kegiatan ini tapi tak bisa datang ke lokasi, jangan khawatir! Sebab, acara ini masih bisa kamu tonton kembali melalui kanal YouTube SLBN Cicendo. Semoga anak-anak bangsa Indonesia enggak pernah lelah dan berhenti berkarya, ya!


Foto: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler