Hore! Warga Sumba tak Lagi Kegelapan Saat Malam Hari

Bandung - Masyarakat yang tinggal di Sumba kini tak perlu lagi khawatir ketika malam tiba. Sekarang Panel Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) telah terpasang di atas atap 80 rumah yang berada di Dusun Ketikupelang, Desa Petawang, Umalilu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Biasanya saat malam mulai datang, warga di dusun Ketikupelang berhenti melakukan aktivitas sebab tidak ada cahaya di sekitar tempat tinggal mereka. Letaknya yang berbukit-bukit dan tanah yang berbatu menjadikan aliran listrik belum memasuki wilayah Dusun Ketikupelang, berbeda dengan dusun-dusun lainnya yang berada di daerah yang sama.

Baca Ini Juga Yuk: PLN Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Limbah di Kalimantan

Sekarang 80 paket LTSHE sudah bisa dinikmati oleh warga Dusun Ketikupelang. Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Dadan Kusdian mengatakan bahwa LTSHE bagi warga Ketikupelang ini merupakan bagian dari program nasional pembagian LTSHE dalam rangka memberikan penerangan bagi warga yang masih gelap gulita.

"Hingga akhir tahun ini sebanyak 175 ribu unit LTSHE akan dibagikan kepada warga yang belum pernah merasakan akses listrik di 16 provinsi yang ada di Indonesia. Dalam hal ini difokuskan untuk menerangi Indonesia bagian timur. Targetnya, pada 2019 nanti tidak ada lagi rumah yang gelap," ujar Dadan dalam sambutannya di depan warga Desa Patawang.dalam keterangan tertulis di laman website esdm.go.id.

Untuk selanjutnya akan dibagikan lebih dari 2.000 unit LTSHE yang akan disebar ke seluruh Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur. Masing-masing warga yang telah menerima unit LTSHE juga mendapatkan garansi selama 3 tahun. Jadi, mereka bisa menukar unitnya apabila ada kerusakan.


Foto: Dok. Kementerian ESDM


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler