Arena Akuatik Seharga Rp 401 Miliar Segera Dibangun di Papua

Jakarta - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2020 akan digelar di Papua. Sarana dan prasarana pun sedang disiapkan.

Salah satu yang akan dikerjakan dalam waktu dekat adalah membangun Arena Akuatik untuk cabang olahraga (cabor) yang berhubungan dengan air. Lokasinya adalah di wilayah Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Biaya yang akan dikucurkan mencapai Rp 401,29 miliar.

Akan segera dibangunnya Arena Akuatik itu ditandai penandatanganan kontrak kerjasama antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya dan PT Waskita Karya (Persero) belum lama ini.

Proses pembangunan ditargetkan rampung pada April 2020. Di sana akan terdapat fasilitas pool system sesuai standar induk organisasi renang internasional yaitu Federation Internationale de Natation (FINA).

Dilansir di laman Kementerian PUPR, disebutkan sejumlah fasilitas lain yang akan terdapat di Arena Akuatik. Untuk pencahayaan akan memakai standar tinggi, timing system, master clock, dan scoring board.

Arena Akuatik juga akan dilengkapi fasilitas tata suara dan tata udara yang baik, CCTV, dan tribun penonton yang nyaman. Fasilitas tambahannya adalah penataan kawasan parkir, landscape, drainase, dan bangunan penunjang lainnya.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran proses pembangunan, pihak kontraktor diminta berkoordinasi dengan pihak keamanan. Sebab, baru-baru ini terjadi insiden penembakan di Papua yang menelan banyak korban jiwa.

"Kesiapan ditingkatkan, termasuk pengamanan yang memadai, mulai dari koordinasi lintas sektoral dengan kementerian atau lembaga. Kontraktor pelaksana bekerja optimal agar selesai tepat waktu," kata Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto.


Foto desain arena aquatic dari www.pu.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler