Menteri Jonan Resmikan SPLU untuk Mobil Listrik

Bandung - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan belum lama ini meresmikan Green Energy Station di salah satu SPBU di Jakarta pada Senin (10/12/2018) lalu. Dengan konsep Green Energy ini SPBU tersebut kini sudah menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mobil listrik.

Jonan mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan dalam rangka mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan. "Kalo bisa 6.500 SPBU milik Pertamina semuanya menggunakan solar panel, minimal untuk penerangan," ujar Jonan dalam keterangan resminya di laman website esdm.go.id

Kehadiran mobil listrik beremisi rendah ini dinilai Jonan akan mampu bersaing dengan mobil konvensional yang berbahan bakar minyak. "Mobil listrik nantinya agar dibuat bersaing dengan combustion engine. Mobil listrik bukan hanya masa depan bangsa tetapi masa depan dunia, energi yang lebih ramah lingkungan," jelasnya.

Jonan juga menambahkan kalau untuk kedepannya SPLU akan dicari yang fast charging (kurang dari 10 menit), agar  orang tidak terlalu lama menunggu. "Karena kehadiran SPLU ini menjadi salah satu faktor paling penting dalam menunjang keberlangsungan kendaraan listrik di Indonesia," papar Jonan. 

Untuk selanjutnya proyek ini diharapkan dapat mengurangi masalah lingkungan, sebab konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jadi berkurang karena perlahan mulai digantikan dengan sumber energi lain. 


Foto: dok. Kementerian ESDM

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler