Asyik! Sebentar Lagi Purbalingga Bakal Punya Bandara Loh!

Bandung - Angkasa Pura II memulai pembangunan Bandara Jenderal Besar Sudirman (BJBS) Lanud TNI AU Wirasaba Purbalingga, Sabtu (5/1/2019). Pengembangan akan dilakukan secara bertahap, mulai dari sisi darat dan sisi udara dan akan dikerjakan secara simultan.

Lewat keterangan resminya, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan kalau pembangunan meliputi runway atau landasan pacu, terminal dan lainnya.

"Pembangunan serta pengembangan tersebut meliputi pembangunan runway seluas 30 x 1.600 meter, pembangunan terminal penumpang baru dan area parkir penumpang, hingga pengembangan terminal kargo. Dengan meningkatnya fasilitas sisi udara dan sisi darat, serta pengembangan infrastruktur bandara, diharapkan pesawat jenis C-212 dapat mendarat di BJBS," ujarnya.

BJBS memiliki terminal penumpang seluas 3.000 meter persegi memiliki kapasitas 500 ribu penumpang /tahun. Sementara untuk runway memiliki panjang 1.600 meter x 30 meter dan apron sebesar 100 x 75 meter dan 70 x 70 meter.

Baca Ini Juga Yuk: Eksplorasi Ragam Fasilitas di 6 Bandara Indonesia Ini Yuk!

Selain gedung terminal, landasan dan apron, pembangunan bandara ini juga dilengkapi fasilitas dan peralatan di dalamnya. Seperti gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK), Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). Serta tower Airnav, fasilitas BMKG, gedung perkantoran, peralatan navigasi dan kebandarudaraan serta aksesibilitas bandara.

Hadir pula fasilitas penunjang yang dibangun pada tahap awal. Seperti tempat parkir kendaraan bermotor yang mampu menampung 70 mobil dan 172 kendaraan roda dua. Serta kehadiran poliklinik, tempat ibadah, airport maintenance building, tempat penampungan sampah dan pengolahan limbah, kantor keamanan dan bangunan operasi bandara lainnya.

Saat ini, baru pesawat jenis C-212 yang dapat mendarat, namun ke depannya sudah bisa digunakan untuk mendarat pesawat Airbus 320 Neo dan Boeing 737 Max 8. Selanjutnya, diharapkan akan terus tumbuh jumlah pesawat komersil yang mendarat di BJBS.

Kehadiran BJBS diharapkan mampu menjangkau sejumlah daerah di Jawa Tengah. Keberadaanya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Tengah bagian arat hingga selatan, seperti Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo dan Kebumen.

Pembangunan ini ditargetkan selesai dalam 18-20 bulan ke depan. Semoga pada tahun 2020 bandara yang memiliki lahan seluas 115 hektare ini selesai dibangun.



Foto: wikipedia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler