Hore! Jembatan Musi IV Palembang Sudah Bisa Digunakan

Jembatan Musi IV Palembang Sumatra Selatan sudah bisa digunakan loh TemanBaik! Kehadiran jembatan sepanjang 1.130 meter tersebut diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di ibukota provinsi Sumatra Selatan tersebut. 

Untuk memantau keamanannya, jembatan ini dilengkapi sensor pendektesi Structure Held Monitor System (SHSM) yang dapat dipantau secara real time. Dengan adanya alat tersebut, maka dapat memantau secara online kondisi jembatan dan mengirimkan ke pusat informasi data. Sehingga data dapat segera dilakukan tindakan secara dini jika timbul kerusakan dalam salah satu sistemnya.

Jembatan Musi IV sendiri dibangun tahun 2015-2018 dengan didanai APBN melalui instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai Rp 553,57 miliar. Kini Jembatan Musi IV sudah mulai beroperasi sejak Selasa (8/1/2019)).

Sebelum dilakukan peluncuran awal, Jembatan Musi IV ini telah menjalani uji beban statis dan dinamis. Pada tahun 2018 dilakukan uji dengan beban seberat 1.540 ton dengan hasil uji yang baik sesuai dengan rekomendasi Komisi Keselamatan Jembatan dan Terorongan Jalan (KKJTJ). Selain itu, jembatan tersebut juga telah uji coba rekayasa lalu lintas selama lima hari sejak 3 Januari 2019.

Foto: pu.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler