Yogyakarta Sebentar Lagi Punya Underpass Terpanjang di Indonesia

Jakarta - Underpass terpanjang di Indonesia bakal hadir di New Yogyakarta International Airport (NYIA) loh TemanBaik. Jalur lalu lintas berbentuk terowongan yang dibangun di bawah tanah ini panjangnya 1,3 kilometer.

Underpass ini dibangun agar akses jalan nasional Pansela Jawa yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta tetap terbuka, karena pembangunan bandara memotong jalan Pansela yang lama.

"Underpass terpanjang ini merupakan bagian dari Jalan Nasional Pansela Jawa. Dalam pembangunannya, faktor keamanan harus betul-betul diperhatikan," kata Menteri Basuki lewat laman pu.go.id.

Menteri Basuki telah memerintahkan Ketua Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan Sugiyartanto, yang juga Dirjen Bina Marga memperhitungkan secara cermat seluruh aspek keamanan dan keselamatan underpass tersebut.

Selain itu, kontraktor juga diminta untuk meningkatkan metode kerjanya dengan memperhatikan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan kebersihan. "Jalan nasional tidak boleh berdebu akibat keluar masuk mobil proyek. Oleh karenanya mobil proyek harus bersih baik keluar maupun masuk lokasi proyek sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan," pesan Menteri Basuki.

Sebagai dukungan untuk pembangunan Proyek Bandara Baru Yogyakarta yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Menteri Basuki mengatakan kalau Kementerian PUPR bersama PT Angkasa Pura I (Persero) akan menangani permasalahan banjir yang sempat terjadi pada Maret 2019 lalu.

"Saat itu terjadi banjir karena intensitas hujannya sangat besar dengan debit banjir mencapai Q25 sementara kapasitas sungainya hanya Q5, sehingga meluap. Nanti akan kita perlebar kapasitas sungainya jadi minimal Q25 hingga Q50," ujarnya.

Pembangunan underpass di Yogyakarta ini telah dilakukan sejak November 2018. Kini progresnya sudah mencapai 30 persen dan ditargetkan selesai pada Desember 2019. Mari kita doakan semoga pembangunan underpass ini berjalan dengan lancar ya, TemanBaik!

Foto: pu.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler