Mantap! Dua Fly Over Dibangun di Bandung untuk Atasi Kemacetan

Bandung - TemanBaik tahu kan jika kemacetan di Kota Bandung semakin lama semakin bertambah? Itu karena jumlah kendaraan terus bertambah. Sebaliknya, jalan di Kota Bandung hanya itu-itu saja alias tak bertambah.

Solusi pun dihadirkan untuk mengatasi kemacetan itu. Salah satu yang dilakukan adalah membangun dua fly over atau jembatan layang baru. Lokasinya ada di persimpangan Jalan Supratman-Jalan Jakarta dan Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang. Dua titik ini merupakan kawasan langganan macet setiap harinya.

Ground breaking atau peresmian pembangunan dua fly over itu dilakukan hari ini. Ground breaking dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Oded M. Danial, serta berbagai pihak terkait lainnya.

Dana pembangunan dua fly over itu berasal dari APBD Pemprov Jawa Barat. Sedangkan proses pembangunannya akan berjalan dua tahap. Tahap pertama berlangsung tahun ini dan tahap kedua pada 2020.

"Alhamdulillah, tahun ini dan tahun depan, dua tahap kita akan membangun dua fly over di dua titik ini sesuai dengan aspirasi," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di sela ground breaking, Selasa (3/9/2019).

Ia berharap hadirnya dua fly over itu bisa memberi manfaat bagi masyarakat. Yang paling utama, kemacetan di dua titik itu dan sekitarnya bisa terurai. Ia pun meminta maaf dan meminta pengertian warga. Sebab, selama proses pembangunan pasti akan terjadi kemacetan. "Mudah-mudahan dengan niat yang baik kita akan memanen hasilnya. Mohon bersabar (kepada masyarakat), semua akan indah pada waktunya," tutur Emil.

Sementara untuk meminimalisir kemacetan, secara khusus Emil meminta kontraktor untuk teliti. Ia meminta agar proses pembangunan dan konstruksi tidak 'memakan' jalan terlalu besar agar ruas jalan yang ada bisa tetap dilalui pengendara dengan nyaman.

Berita Foto: Keceriaan Anak-anak Bermain di Bawah Jalan Layang Pasupati

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengungkap kebahagiaannya atas pembangunan dua jembatan layang itu. Sebab, dua fly over itu memang sangat dibutuhkan. Tapi, Pemkot Bandung tak mampu membangunnya. Kenapa ya?

"Kenapa saya merasa senang, bahagia? Karena APBD Kota Bandung tidak akan mampu kalau dipakai untuk membangun infrastruktur yang besar-besar. Karena itu, hari ini Mang Oded ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah membantu Kota Bandung, membantu membangun infrastruktur yang besar," tutur Oded.

Spesifikasi Fly Over
Meski peresmian pembangunan dilakukan hari ini, secara konstruksi pembangunannya akan dilakukan pada Oktober 2019. Proses pembangunan kedua fly over itu butuh waktu penyelesaian selama 120 hari alias tiga bulan untuk tahap pertama. Artinya, akhir Desember ini diharapkan pembangunan tahap pertama akan selesai. Sedangkan tahap kedua pembangunan dilakukan pada 2020.

Secara keseluruhan, fly over Jalan Supratman-Jalan Jakarta akan memiliki panjang 500 meter dan fly over Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang 520 meter. Lebar kedua jembatan itu pun sama, yaitu 9 meter.

Biaya total yang dibutuhkan untuk fly over Jalan Supratman-Jalan Jakarta adalah Rp42 miliar dan Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang Rp35,9 miliar. Cukup besar kan TemanBaik biayanya? Doakan pembangunan dua fly over ini berjalan lancar ya. Sehingga, manfaatnya akan bisa segera dirasakan para pengguna jalan.


Foto: lokasi pembangunan fly over di Jalan Supriatman-Jalan Jakarta (Oris Riswan/Beritabaik.id)


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler