Mantap! Kampung Buring Malang Disulap Jadi Kawasan Wisata Edukasi

Kampung Kelurahan Buring di Kota Malang bakal disulap jadi wisata edukasi buah pepaya nih. Sebelumnya kawasan Kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang yang berada di sebelah timur Kota Malang ini memiliki potensi daerah yang terbilang kurang optimal.

Melihat hal itu, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur TNI, warga serta para santri Pesantren Manajer Tholabie tercetus terobosan untuk membuat kampung edukasi wisata buah pepaya.

Melansir laman resmi malangkota.go.id Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan jajaran Forkopimda Kota Malang pun secara resmi mengawali ide tersebut dengan menanam pohon pepaya berjenis calina, Minggu (12/01/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Pemkab Banyuwangi Siap Kembangkan Pulau Tabuhan Jadi Wisata Dunia

Ada alasan kenapa buah pepaya yang dipilih, sebab perawatan buah ini sangat mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Bibit pepaya ini sengaja ditanam di area sepanjang jalan kampung dan halaman rumah warga agar perawatan serta dalam pengawasannya lebih mudah.

"Jadi meski di pinggir jalan, warga di setiap rumah memiliki tanggung jawab untuk menjaganya dan saat buah siap dipetik bisa diambil setiap saat," ungkap Wali Kota Malang usai mengawali penanaman pohon pepaya secara simbolis.

Nantinya jika ada wisatawan yang datang, Sutiaji mengatakan warga dapat menjualnya dan dapat mengajari bagaimana cara menanam pepaya yang benar agar hasilnya pun memuaskan. Generasi muda seperti yang tergabung dalam karang taruna dan para santri di pesantren yang ada di kampung ini juga sudah disiapkan sebagai edukator bagi setiap wisatawan yang datang nantinya.

Jadi, selain akan menjadi salah satu tujuan wisata, terutama wisata edukasi, Kelurahan Buring juga akan menjual hasil pepaya. Sehingga warga juga akan banyak diuntungkan. "Di sisi lain, akan banyak peluang usaha, seperti dengan menjual oleh-oleh, makanan khas dan aneka kuliner yang akan menjadi buruan para wisatawan yang datang," pungkasnya.

Foto: malangkota.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler