Banjarmasin akan Punya Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia

Banjarmasin - TemanBaik, Banjarmasin di Kalimantan Selatan akan punya infrastruktur keren loh TemanBaik. Di sini akan berdiri Jembatan Sei Alalak. Jembatan ini akan jadi penghubung kawasan Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Seperti apa ya istimewanya jembatan ini nantinya?

Di Banjarmasin sendiri sebelumnya sudah ada Jembatan Kayu Tangi 1. Tapi, usianya sudah 30 tahun. Sehingga, keberadaannya akan digantikan Jembatan Sei Alalak.Cegah Abrasi, Kementrian PUPR Kembangkan Teknologi Blok Beton 3B

Jembatan Sei Alalak bentang utamanya dirancang menggunakjan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung. Ini bakal jadi jembatan pertama di Indonesia dengan rancangan dan konstruksi seperti itu.

Baca Ini Juga Yuk: Cegah Abrasi, Kementrian PUPR Kembangkan Teknologi Blok Beton 3B

Jembatan ini ditargetkan bakal rampung pada akhir 2020 ini dan bisa langsung digunakan. Jembatan Sei Alalak bakal memiliki panjang 850 meter, lebar 20 meter, serta bisa dipakai untuk empat lajur dua arah.

Pembangunan jembatan ini menggunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebanyak Rp278 miliar dengan kontraktor PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT. Pandji.

Jembatan ini bakal memilik kekuatan lebih baik dibanding Jembatan Kayu Tangi 1 yang sebelumnya sangat diandalkan. Jembatan Sei Alalak didesain untuk bisa dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton. Sedangkan jembatan sebelumnya hanya mampu menahan beban maksimal kurang dari 8 ton.

Kehebatan lainnya, Jembatan Sei Alalak didesain kekuatannya tahan terhadap goncangan gempa. Bahkan, masa penggunaaannya bisa mencapai 100 tahun. Jika jembatan ini rampung, tentu nantinya akan jadi ikon baru Kota Banjarmasin.



Selain jadi ikon, kehadiran jembatan ini tentu diharapkan memberi manfaat bagi banyak pihak. Yang paling utama, kegiatan ekonomi dan kesejahteraan warga sekitar dan Banjarmasin pada umumnya diharapkan meningkat.

"Semakin terhubungnya lintas Kalimantan akan meningkat pertumbuhan ekonomi kawasan karena di sekitarnya terdapat perkebunan seperti sawit, karet, dan pertambangan. Jadi akan mempercepat transportasi logistik," kata Menteru PUPR Basuki Hadimuljono di laman resmi Kementerian PUPR.

Saat ini, progres konstruksi jembatan tersebut sudah memasuki tahap pengecoran pilon. Selanjutnya, pengerjaan akan berlanjut pada pengerjaan bentang utama sepanjang 300 meter dan lain-lain.

Proses penggarapan Jembatan Sei Alalak ini tergolong cepat loh TemanBaik. Pembangunan konstruksinya bisa dikerjakan lancar karena pembebasan lahan di sisi Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito cepat selesai. Itu karena proses pembebasan lahan didukung penuh Pemkot Banjarmasin dan Pemkab Barito Kuala.

Wah, jadi enggak sabar nih melihat keren dan ikoniknya Jembatan Sei Alalak tersebut. Doakan progres pembangunannya berjalan lancar dan tepat waktu ya TemanBaik!

Foto: dok. pu.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler