Rehabilitasi 10 Ribu Sekolah Jadi Jurus untuk Majukan Pendidikan

Jakarta - TemanBaik, pemerintah saat ini terus memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan melakukan percepatan pembangunan dan rehabilitasi sekolah serta madrasah. Dalam kurun 2019-2024 mendatang, akan ada banyak tempat pendidikan yang 'dipoles'. Jumlahnya mencapai 10 ribu sekolah dan madrasah. Pekerjaan ini akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setiap sarana pendidikan yang akan dibangun dan diperbaiki itu pun memiliki standar tersendiri, mulai dari harus ada fasilitas lapangan olahraga, toilet yang baik, serta tempat cuci tangan dan penataan lanskap alias taman. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh siswa maupun pihak sekolah.

"Mudah-mudahan standar bangunan dan kelengkapannya ini bisa diteruskan ke sekolah-sekolah lain. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus ebih pintar karena fasilitasnya lebih baik," kata Menteri PUPR asuki Hadimuljono di laman resmi Kementerian PUPR, Senin (2/3/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Indonesia Bantu Bangun Ruang Kelas Sekolah di Nigeria

Sebagian dari rencana itu pun sudah terealisasi. Selama 2019, ada 1.679 sekolah yang ditangani, mulai dari tingkat SD hingga SMA. Ada juga 179 madrasah. Dari jumlah itu, sebagian di antaranya ada di wilayah Indonesia Timur. Di Provinsi Papua Barat misalnya, rehabilitasi dan renovasi sudah dilakukan terhadap 68 sekolah dan tujuh madrasah yang tersebar di 10 kabupaten/kota.

Rehabilitasi di sana rata-rata dilakukan dengan membangun kembali bangunan sekolah dan meningkatkan fasilitas pendukungnya. Khusus untuk di Kota Sorong misalnya, 16 sekolah sudah 'dipoles' dengan alokasi anggara cukup besar, yaitu Rp44,82 miliar.

Doakan semua pembangunan sekolah yang akan dilakukan pemerintah berjalan lancar ya TemanBaik. Sehingga, semua anak-anak di negeri ini bisa mengenyam pendidikan dan merasakan fasilitas memadai untuk menjadikan mereka sebagai manusia unggul generasi penerus bangsa.

Foto: dok. pu.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler