Gabung Jadi Pelestari Budaya di Putera Taman Hirra

Surabaya - Di Surabaya, banyak wadah untuk menyalurkan hobi kamu, loh Teman Baik. Salah satunya, apabila tertarik dalam bidang seni, Sanggar Putera Taman Hirra dapat menjadi wadahnya.

Berdiri sejak tahun 2012, sanggar ini telah memiliki anggota aktif mencapai lebih dari 50 orang yang terpaut rentang usia anak-anak hingga remaja, mulai dari yang belum sekolah hingga menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan.

Ternyata, usia muda ini tak menghalangi anak-anak untuk menjadi pelestari budaya. Berbagai materi mengenai Tari, seperti Remo dan Bedayan hingga lawak yang kental dengan pertunjukan ludruk pun menjadi pelajaran wajib yang harus mereka kuasai dalam komunitas ini.

Tak hanya mendalami latihan untuk mengasah kemampuan, namun anggotanya juga telah dipercaya untuk mengisi berbagai acara di berbagai kota dan instansi. Meskipun demikian, namun upaya mengajak anak-anak untuk menjadi seniman nyatanya tak selalu mudah. Namun Rogo, selaku sutradara sekaligus penulis naskah dari Putera Taman Hirra memiliki strategi khusus.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Nilai Penting yang Bisa Dipetik dari Seni Teater

"Cara merayunya sederhana, sekali dua kali gak kena, saya ajak untuk berlatih bela diri dan ternyata mereka tertarik. Nah adegan bela diri ini kan merupakan salah satu bagian dari pertunjukkan," ujarnya.

Sanggar Putera Taman Hirra ini juga menjadi jawaban untuk mencegah pudarnya kesenian Jawa Timur. "Beberapa seni tradisional semakin berkurang peminatnya, karena kurangnya regenarasi dari anak-anak, nah di sini kita sama-sama belajar , mendalami dan mencintai seni, salah satunya ludruk agar dapat tetap dinikmati oleh generasi penerus," ujar Reka, salah satu pengurus sanggar.

Tak hanya berkontribusi dalam pelestarian seni, anak-anak yang tergabung dalam sanggar Putera Taman Hirra juga mendapatkan berbagai pengetahuan tambahan, mulai dari mendalami sejarah Jawa sekaligus mendapatkan amanah dari cerita yang sedang dibawakan.

"Selain belajar seni, kami berupaya memberikan tontonan, tuntunan dan tatanan yang bagus untuk anak didik Putera Taman Hirra" tutup Rogo.

Bagi Teman Baik yang berdomisili di Surabaya dan tertarik untuk menjadi pelestari kesenian ludruk, dapat mengunjungi Sanggar Putera Taman Hirra yang terletak di Kompleks Taman Hiburan Rakyat dan asyiknya lagi, sanggar ini tak memungut biaya loh untuk latihannya.





Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler