Ikut Berbagi Cerita Kebaikan Lewat Komunitas Kampung Dongeng Yuk!

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum kalau Indonesia punya kampung unik, namanya Kampung Dongeng. Seperti apa ya kampung yang satu ini? Yuk, kita kenalan sama Kampung Dongeng! Kampung Dongeng adalah komunitas dongeng terbesar yang ada di Indonesia. Komunitas ini memiliki ribuan relawan yang tersebar di berbagai daerah. 

"Kampung Dongeng itu komunitas yang bergerak di bidang sosial. Khususnya pendampingan anak lewat cerita dongeng kebaikan," ujar Dina Rizkyana salah seorang relawan Kampung Dongeng asal Tangerang Selatan kepada BeritaBaik.id.

Dina menjelaskan kalau komunitas ini didirikan tahun 1999 oleh Awam Prakoso yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap tumbuh kembang anak. "Berbekal ilmu teater, dia (Awam Prakoso) kolaborasikan dengan cerita-cerita, sehingga cerita yang disampaikan bisa hidup," jelas Dina. 

Awam memulainya dari depan rumah, dengan mengumpulkan anak, sampai akhirnya gerakan ini terlaksana terus menerus. Selama prosesnya, ada beberapa hambatan ia jumpai, seperti ketika ia sedang mendongeng keliling di depan rumah, dan harus terjeda saat ada kendaraan melintas.

Sampai akhirnya pada tahun 2009, Awam kemudian secara resmi menggagas sebuah komunitas dan secara umum mengajak masyarakat untuk membudayakan hobi bercerita atau mendongeng kepada anak. Kampung Dongeng bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin tergabung dan bersama-sama membangun titik ramah anak di lingkungan sekitar. 

Kini, setelah 10 tahun perjalanannya, Kampung Dongeng telah hadir di sekitar 140 titik se-Indonesia (Kabupaten kota). "Kampung Dongeng bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin tergabung dan bersama-sama membangun titik ramah anak di lingkungan. Di 10 tahun ini, titik Kampung Dongeng sudah ada di lebih kurang 140 titik se-Indonesia (kabupaten kota)," papar Dina.

Untuk Jawa Barat sendiri, Kampung Dongeng ada di Subang, Bandung Barat, Cimahi, Purwakarta, Kuningan dan titik lainnya. Sementara untuk pusatnya sendiri ada di kelurahan kampung Sawah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Komunitas ini disambut dengan baik oleh banyak kalangan. "Orang-orang yang tergabung juga tidak guru saja. Ada yang lulusan pertanian, pengusaha terkenal di daerah, ustazah ustaz, bidan, notaris, mahasiswa, banker. Alhamdulillah," tutur Dina yang telah bergabung sebagai relawan Kampung Dongeng sejak tahun 2012 ini.

Kampung Dongeng memiliki program rutin bernama 'Pekan Ceria' yang digelar satu bulan sekali dengan tema yang berbeda setiap bulannya. "Kami mengundang tetangga sekitar dan bahkan mengundang secara umum lewat flyer atau brosur. Lalu kami dampingi lewat berbagai macam kegiatan, seperti mini outbond, senam ceria, kreativitas, dengar dongeng, bernyanyi lagu anak, sulap atau magic sains," jelasnya.

Selain 'Pekan Ceria', Kampung Dongeng atau yang disapa juga Kado punya beberapa kegiatan seru lainnya, seperti 'Kado Pelosok Negeri', 'Dongeng Keliling', 'Kemah Dongeng', 'Kado Peduli Sesama', 'Field Trip Kampung Dongeng' dan 'Kado Craft'.

Menurut Dina, kehadiran Kampung Dongeng harus disambut dengan baik. Ia juga mengatakan kalau Kampung Dongeng tersebar di titik-titik kecil di Indonesia. "Hadirnya Kampung Dongeng harus disambut dengan baik bagi seluruh elemen masyarakat. Jadi terbentuklah titik-titik kecil Kampung Dongeng hingga tingkat RT dan RW," ungkap Dina.

Nah jika di wilayah TemanBaik belum ada, Dina mengajak kamu menjadi agen kebaikan untuk sekitar bersama Kampung Dongeng. "Kota-kota yang memiliki Kampung Dongeng dapat dilihat di website dan Instagram. Caranya dengan memasukkan kata 'Kampung Dongeng' diakhiri dengan nama kota, contohnya Kampung Dongeng Depok," jelasnya.

"Namun jika di daerahmu belum ditemukan, maka bersiaplah untuk menjadi agen kebaikan untuk sekitar. Caranya dengan menghubungi akun Instagram @KampungDongeng," tutup Dina.

Foto: dokumentasi Kampung Dongeng
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler