Serunya Saat Tunanetra Berkumpul dan Berkarya Bareng Lewat Baraya

Bandung - Kira-kira apa ya yang terjadi kalau sekelompok anak muda tunantera kreatif berkumpul? Ternyata di Kota Bandung ada kumpulan anak muda tunanetra yang membuat komunitas bernama Barudak Tunanetra Berkarya alias Baraya.

"Baraya adalah sebuah komunitas barudak tunanetra berkarya, yang mana mempunyai moto 'Hidup menjadi juara atau mati wariskan karya'," jelas Sekretaris Baraya, Sigit Yuliadi kepada BeritaBaik, Minggu (13/10/2019).

Baraya sendiri dibentuk oleh sekumpulan tunanetra pada akhir tahun 2013 di Kota Cimahi. Kini, komunitas tunanetra ini bermarkas di Jalan Dr Setiabudhi No 14 Bandung.

Ada banyak kegiatan loh yang terdapat di Barraya, mulai dari radio streaming, musik, bio energi, koperasi sampai belajar IT. "(Kegiatannya) ada radio streaming, musik, bio energi koperasi dan IT," jelas Sigit.

"Kalau kegiatan IT belajar atau workshop, itu kayak pengoperasian komputer menggunakan screen reader dan lain-lain," papar pria yang berkuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Siliwangi Cimahi ini.

Nah, saat ini Baraya lagi fokus pada kegiatan bio energi. TemanBaik sudah tahu belum apa itu bio energi? Ketua divisi bio energi Baraya, Ahmad Fauzi Harahap memberikan penjelasannya nih soal bio energi.

"Bio energi adalah peningkatan energi secara menyeluruh, seperti terapi, pengobatan, pembangkitan energi tubuh alias tenaga dalam dan penyediaan obat-obatan herbal," ungkap Fauzi.

Buat TemanBaik yang ingin tahu lebih lengkap dan penasaran sama komunitas ini, kamu juga bisa ikuti media sosial Baraya. Untuk Instagram di @barraya_ dan Facebook di Barudak Tunanetra Berkarya.

Kalau ada teman atau keluarga kamu yang tunanetra, bisa juga diajak untuk gabung Baraya, enggak ada syarat yang sulit kok, yang penting mau dan bisa berkarya. "Kalau mau gabung, yang penting tunanetra kreatif dan mampu berkarya," pungkas Sigit.

Foto: dokumentasi Baraya
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler