FIORS-C Indonesia, Komunitas Mobil yang Selalu Utamakan Keluarga

Bandung - TemanBaik tahu kan ada banyak klub atau organisasi pecinta mobil di Indonesia, salah satunya FIORS-C Indonesia. Ini adalah organisasi para pemilik mobil Ford Fiesta. Organisasi yang secara akta notaris berdiri pada 26 Mei 2017 ini cukup istimewa loh. Apa ya istimewanya?

Dalam setiap kegiatannya, anggota FIORS-C Indonesia biasanya membawa serta keluarganya. Sebab, moto organisasi ini adalah menempatkan keluarga di atas segalanya. Karena itulah, biasanya beragam kegiatan selalu ramai. Padahal, rata-rata klub otomotif biasanya jadi ajang personal seseorang mencari kesenangan tanpa membawa serta keluarga.

"FIORS-C Indonesia ini organisasi otomotif, tapi basisnya betul-betul keluarga. Jadi, ke mana-mana member ini selalu membawa keluarga," kata Ketua Umum FIORS-C Indonesia Norman Adam.

Hal inilah yang membuat FIORS-C berkembang pesat. Hanya dalam kurun 2 tahun, anggotanya mencapai 1.150 orang. Jumlah member ini tergolong banyak loh dalam kurun 2 tahun. Kalau enggak percaya, bandingkan deh dengan perkembangan organisasi otomotif lainnya.

"Mungkin karena suaminya ada restu dari istri (bergabung ke FIORS-C Indonesia), makanya kita perkembangannya cepat," kelakar Norman.

Bukan hanya membawa keluarga, para anggota juga seolah jadi satu keluarga satu sama lain. Sehingga, setiap ada kegiatan, keseruan selalu tersaji. "Kekeluargaan itu enggak bisa dibeli," ucapnya.

Sejarah Terbentuknya FIORS-C Indonesia
Yang menarik, terbentuknya FIORS-C Indonesia berawal dari dibuatnya akun Facebook pada 19 Desember 2016 oleh dua orang, yakni Norman Adam dan Ahmad Nurdin. Dua orang lain yang merupakan pemilik bengkel mobil kemudian bergabung, yaitu Haris dan Andri.

Di situlah pembahasan seputar mobil Ford Fiesta dimulai. Berbagai diskusi dan tukar pengalaman tersaji di Facebook. Ragam problem soal mobil yang dimiliki pun terungkap. "Dari situ akhirnya berkembang, anggotanya dari lima orang, 500 orang, sampai sekarang 10 ribu lebih," jelas Norman.

Singkat cerita, pada 21 Mei 2017, FIORS-C Indonesia akhirnya dideklarasikan sebagai organisasi otomotif nasional. Saat itu, pengurus sekaligus anggotanya hanya tujuh orang saja. Ya, tujuh orang! Pada 26 Mei 2017, FIORS-C Indonesia kemudian terdaftar sebagai organisasi resmi. Tapi, secara perlahan, jumlah anggota terus bertambah dan kini mencapai 1.150 orang.

Hal itu di luar dugaan banyak pihak. Sebab, biasanya penambahan jumlah member klub atau organisasi otomotif butuh waktu lama. Tapi, hanya dalam kurun 2 tahun saja jumlah member FIORS-C Indonesia tergolong sudah banyak.

Sebab, mobil Ford di Indonesia mencapai 85 ribu unit. Dari jumlah itu, sekitar 50 persen di antaranya adalah Ford Fiesta. Melalui FIORS-C Indonesia, para pemilik Ford Fiesta pun bisa saling berinteraksi, membangun jejaring, bertukar pikiran dan informasi, serta ragam manfaat lainnya.

Itu karena Ford adalah mobil Eropa yang penanganannya khusus. Bahkan, tak sembarang bengkel bisa menangani mobil ini. Di sinilah klub seperti FIORS-C Indonesia memiliki peran penting. Sehingga, pemilik mobil Ford punya tempat untuk berbagi informasi hingga keluhan.

Baca Ini Juga Yuk:  Begini Gagahnya Harley Davidson Seri MY19

Jumlah chapter alias cabang di daerah pun bertambah. Saat ini, jumlah chapter FIORS-C Indonesia sudah ada di 14 daerah, mulai di Jakarta, Bekasi, Depok Bogor, Yogyakarta, Makassar, hingga Palembang. Bahkan, dalam waktu dekat akan dideklarasikan dua chapter lain.

"Yang mau deklarasi chapter sebenarnya lebih banyak lagi. Tapi memang perlu proses panjang, kita juga perlu SDM," tutur Norman.

Hal lain yang tak kalah unik dari FIORS-C Indonesia adalah anggotanya selalu siaga membantu satu sama lain. Saat mobil member bermasalah, member lain akan sigap mengulurkan tangan.

"Member kita fast response 24 jam. Jadi kalau ada trouble di jalan, mau itu di Yogyakarta, Jawa Timur, atau daerah mana pun, selama ada member di lingkungan situ, itu pasti siap membantu kapanpun," tutur Norman.

Hadirkan Urban Reborn di Cimahi
FIORS-C Indonesia sendiri adalah organisasi otomotif nonprofit. Sehingga, tak ada kegiatan yang dilakukan untuk mencari keuntungan. Salah satu kegiatan yang dilakukan justru membuat kegiatan sosial.

Salah satu yang pernah dilakukan adalah menggelar sunatan massal. Total, sudah sekitar 70 anak yang jadi peserta sunatan massal. Bahkan, pada Sabtu (9/11/2019) ini FIORS-C Indonesia akan menggelar kegiatan bertajuk Urban Rebon. Salah satu kegiatannya adalah sunatan massal di Alam Wisata Cimahi.

Urban Reborn sendiri akan berlangsung dua hari. Jika pada Sabtu digelar kegiatan sosial, pada Minggu (10/11/2019) akan digelar kegiatan internal. Di sini, sekitar 150 Ford Fiesta akan dihadirkan, tentu termasuk member dan keluarganya.

"Jadi nanti 150 mobil akan tumplek di lokasi. Akan ada beberapa keseruan juga, ada games, doorprize, live music, sama ada kejutan lainnya," tutur Norman.

Yang istimewa, dalam kegiatan ini juga akan dideklarasikan FIORS-C Indonesia Chapter Bandung. Tapi, khusus untuk kegiatan di hari Minggu, ini hanya untuk internal alias para member FIORS-C Indonesia.

Nah, jika kamu punya Ford Fiesta dan ingin bergabung dengan FIORS-C Indonesia, caranya mudah kok. Kamu cukup membuka akun Facebook FIORS-C Indonesia atau join di grup Facebook FORD FIESTA OWNERS CLUB. Semua informasi akan tersaji di sana. Admin pun akan sigap melayani kamu.


Foto: facebook.com/pg/fiorscindonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler