Ranah Bhumi Ajak Kamu Bantu Petani Jual Hasil Pertaniannya

Yogyakarta - Aksi baik kali ini datang dari tim Ranah Bhumi, sebuah toko kelontong di Prawirotaman, Yogyakarta. Mereka membantu para petani untuk menjual hasil tani mereka. Caranya, dengan mengumpulkan toko kelontong di seluruh Indonesia untuk menampung hasil tani.

Bukhi Prima Putri, salah satu pemilik Ranah Bhumi, bercerita kepada beritabaik.id, bahwa ia mendapat informasi dari beberapa petani yang hasil taninya tidak terjual. Keresahan itu yang membawa Bukhi dan teman-temannya ingin membantu para petani.

“Awalnya bantu jual sendiri. Tapi kemudian kita berpikir harus banyak nih kanal jualnya. Supaya bisa sustain dan lebih banyak yang jual. Kalau enggak nanti mereka jualan ke mana lagi,” ujar Bukhi.

Akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan toko-toko kelontong dan pedagang pasar. Harapannya, hasil tani bisa terjual lebih banyak dan punya saluran yang tetap.

“Kenapa enggak langsung ke konsumen, karena konsumen tidak punya sistem pengadaan barang dalam jumlah yang banyak dan efisien, tidak punya sistem penyimpanan dalam jumlah banyak, dan semestinya memang dalam skala rumah tangga, dibutuhkan jumlah pembelian yang secukupnya (tidak banyak). Jadi idenya adalah ngumpulin pedagang yang bisa beli banyak, supaya mudah diakses masyarakat, sehingga distribusinya dapat sesuai kebutuhan,” jelas Bukhi.

Bukhi menjelaskan, petani yang dibantu tidak hanya yang ada di sekitar kawasan Yogyakarta, tapi juga di sejumlah kota di Indonesia. Hasil taninya beragam, ada bawang, temulawak, cabai buah-buahan, lele, ikan mujair dan lainnya.

"Prosesnya tuh datanya petani masuk ke kita. Tidak semua langsung dari petani, ada mitranya petani juga yang mendaftarkan diri. Nanti kami telepon, kami akan tanyakan beberapa poin kepada mereka tentang proses, harga, hingga keseharian mereka, untuk nanti mereka ceritakan secara detil kepada kami. Hal ini untuk menyeleksi petani yang betul-betul perlu dibantu. Kami akan mengenalkan cara promosi kami agar terjadi kedekatan dan komunikasi yang transparan,” terangnya.

Nah bagi TemanBaik yang memiliki toko kelontong, atau warung sayur di rumah, boleh loh mendaftar ke Ranah Bhumi lewat link bit.ly/MemanggilTokoKelontong. Selain itu, informasi lengkapnya juga bisa kamu temukan melalui akun instagram @ranahbhumi.katalog.

"Ini bakalan jangka panjang banget. Inginnya membangun infrastruktur seara sustainable. Kalau semula memasok untuk industri, sekarang kita coba memperbanyak dan memperpendek jalur ke kanal-kanalnya," kata Bukhi menutup obrolan.

Yuk bantu petani menjual hasil pertaniannya!


Foto: dok Ranah Bhumi. 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler