Rumah Dongeng Mentari, Bentuk Karakter Anak Lewat Dongeng

Yogyakarta - TemanBaik, kamu masih ingat enggak dongeng apa yang pernah kamu dengar semasa kecil? Nah, selain menyenangkan, dongeng juga secara tak langsung bisa membentuk karakter sang anak loh.

Namun, di balik dongeng-dongeng yang bisa membentuk karakter sang anak, ada beberapa TemanBaik yang punya andil dalam menyebarkan pesan baik untuk anak-anak kita. Salah satunya adalah Rumah Dongeng Mentari. Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan Ayu Purbasari, salah satu pendiri Rumah Dongeng Mentari.

Komunitas mendongeng anak ini sebentar lagi genap berusia 10 tahun. Ayu kemudian menceritakan perjalanan komunitas dongeng ini selama hampir satu dekade menebarkan pesan baik untuk anak melalui media dongeng.

"Kami berdiri tanggal 2 Agustus 2010. Saat itu kegiatan kami berangkat dari keprihatinan terhadap dunia anak. Akhirnya kami berpikir bagaimana caranya untuk bisa masuk ke dunia anak, namun dengan cara yang menyenangkan," terangnya, Kamis (23/7/2020).

Sadar akan kemampuan para anggotanya dalam mendongeng, akhirnya tiga bersaudara yaitu dirinya sendiri, Putri Arum Sari, dan Rona Mentari kemudian membentuk Rumah Dongeng Mentari. Selama perjalanannya, komunitas dongeng yang berdomisili di Yogyakarta ini mengemban visi dan misi mempopulerkan budaya bertutur atau mendongeng ini ke masyarakat luas. Menurutnya, banyak pesan baik yang bisa ditularkan, utamanya terhadap anak melalui kegiatan mendongeng.

Berbagai acara mendongeng dan kolaborasi pun dilakoni oleh komunitas ini selama satu dekade perjalanannya. Sebut saja kolaborasi mereka bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menghasilkan sebuah dongeng bertema integritas, membuat sebuah program Pertamina Bercerita dengan BUMN Pertamina, serta berbagai acara mendongeng skala kecil sampai festival besar. Mereka juga punya agenda rutin tahunan, antara lain festival mendongeng bertajuk Awicarita Festival dan Pagelaran Dongeng Jogja, serta beberapa acara lainnya seperti Jelajah Dongeng, Kemah Dongeng hingga Sayembara Dongeng Cilik.

Ayu menambahkan, Awicarita Festival itu sendiri merupakan acara mendongeng yang melibatkan banyak komunitas dongeng di berbagai wilayah sebagai kolaboratornya. Sedangkan Pagelaran Dongeng Jogja merupakan acara festival mendongeng yang pertama kali ditampilkan pada tahun 2016.

"Saat itu, kehadiran media sosial memang baru booming. Jadi, cukup untuk meningkatkan jumlah pengikut baru juga," terangnya.

Pagelaran Dongeng Jogja edisi pertama disebutnya sebagai pagelaran dongeng paling berkesan yang pernah digelar oleh Rumah Dongeng Mentari. Bagaimana tidak? Saat tahun 2016, dongeng anak relatif belum sepopuler hari ini.

Selain itu, kecepatan pertukaran informasi di media sosial pun belum secepat hari ini. Namun menurut pengakuan Ayu, pagelaran dongeng yang digelar di Amphiteater Hutan Pinus, Mangunan, Bantul, Yogyakarta itu meraup perhatian banyak orang. Kursi penonton kala itu dipenuhi oleh penonton asing dan luar negeri.



Baca Ini Juga Yuk: 'Ketimbang Ngemis', Berbuat Baik untuk Mereka yang Mau Berusaha

Dongeng Sebagai Pembentukan Karakter
Ditanya lebih lanjut mengenai visi misi mendongengnya bersama Rumah Dongeng Mentari, Ayu menjawab kehadiran dongeng merupakan sarana pendidikan bagi anak, tanpa menjadikan sang anak merasa digurui. Sejauh ini, Ayu beserta para punggawa Rumah Dongeng Mentari percaya bahwa dongeng mampu memberi dampak positif bagi anak.

Ia berkaca pada sebuah penelitian yang menyebutkan kedigdayaan Inggris Raya sebagai bangsa penakluk di zaman dahulu. Menurut sumber yang pernah dibacanya, sumber kekuatan Inggris Raya itu berangkat dari kebiasaan putra-putrinya diberikan dongeng tentang penaklukan wilayah di masa lampau. Ia menyimpulkan, dongeng selain untuk sarana bersenang-senang anak, dalam dimensi lainnya juga bahkan bisa membentuk karakter bangsa.

"Nah, korelasi (antara kebiasaan dongeng dan kedigdayaan Inggris Raya di masa lampau) ini kok begitu ngaruh, ya? Artinya, bukan enggak mungkin apa yang kita tanamkan kepada anak itu jangka panjangnya bisa membentuk karakter bangsa. Namun, untuk konteks dongeng atau pesan yang ditanamkannya, kita coba tanamkan nilai-nilai positif," beber Ayu.

Selain itu, Ayu menyebut dongeng juga bisa menjadi jembatan yang mempertemukan generasi orang tua dengan generasi sang anak. Di sisi lain, menurut Ayu dongeng juga bisa meningkatkan minat baca sang anak, sebab tingginya frekuensi anak mendengarkan dongeng akan membuatnya penasaran dengan buku dan kegiatan membaca di dalamya.

Secara pribadi, Ayu berpandangan kalau dongeng juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif sang anak, juga membuat anak memahami alur cerita, serta memahami banyak kosakata baru.

"Karena pikiran mereka dirangsang untuk berimajinasi, nalarnya dilatih untuk bekerja, dan anak dilatih untuk fokus dalam beberapa waktu," katanya.


Sebagai informasi, kumpulan dongeng dari Rumah Dongeng Mentari bisa kamu nikmati secara daring dalam bentuk siniar atau podcast dan audio visual di YouTube loh. Pusat informasi Rumah Dongeng Mandiri saat ini berada di akun Instagram mereka, @rumahdongengmentari. Di sana, kamu akan mendapat banyak akses informasi mulai dari karya terbaru, sampai jadwal kegiatan manggung mereka dalam waktu dekat.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Ayu mewakili Rumah Dongeng Mentari berharap seluruh anak di Indonesia dapat berbahagia.  Lebih jauh, ia menyebut kalau anak merupakan cerminan dari apa yang orangtua tampilkan di hadapan sang anak tersebut selama mendampingi tumbuh kembangnya.

"Semoga anak-anak Indonesia tumbuh dan berbahagia. Punya imajinasi yang enggak ada batasnya, dan semangat menggapai mimpi mereka di masa depan," ungkapnya.

Adapun menyajikan dongeng anak, secara tidak langsung menjadi #AksiBaik yang dilakukan oleh Rumah Dongeng Mentari dalam membentuk karakter satu generasi menjadi lebih baik ke depannya. Terlebih, saat ini media untuk mendengarkan dongeng dirasa sangat fleksibel. Buktinya, podcast Rumah Dongeng Mentari saja sekarang sudah bisa kamu dengar bisa diakses kapanpun.

Sebagai pamungkas, dalam rangka perayaan satu dekade usia Rumah Dongeng Mentari, Ayu menyebut pihaknya sedang mempersiapkan festival mendongeng yang akan digelar secara daring. Tentu, hal ini tak lepas dari situasi pandemi yang belum berakhir di Indonesia. Mengenai informasi lebih lanjut, kamu bisa melihatnya di akun Instagram Rumah Dongeng Mentari.

Selamat Hari Anak Nasional, TemanBaik! Yuk, tanamkan pesan baik untuk anak-anak kita melalui dongeng yang menyenangkan.

Foto: Istimewa/Dok. Rumah Dongeng Mentari


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler