Yuk, Ikutan #AksiBaik Patungan Besek di Hari Raya Iduladha

Bandung - Aksi baik kali ini datang dari Studio Dapur dan Pahlawan Bencana. Mereka mengadakan galang dana bertajuk 'Patungan Besek' untuk mengurangi sampah plastik saat pemotongan hewan kurban di Hari Raya Iduladha nanti.

Mega Puspita selaku Co-Founder dari Studio Dapur & Pahlawan Bencana menyebutkan, galang dana 'Patungan Besek' ini merupakan bentuk upaya pengurangan sampah plastik saat pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Insiasi tersebut berangkat dari keresahan mereka akibat banyaknya sampah plastik saat pembagian hewan kurban. Menurut estimasi yang telah ditulis dalam keterangan resmi mereka, diperlukan 150 ekor kantong plastik untuk 1 ekor sapi yang disembelih, dan 25 kantong plastik untuk 1 ekor kambing yang disembelih.



Apabila 1 masjid menyembelih 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing saja, maka diperlukan 875 wadah kantong plastik. Jadi, bisa dibayangkan berapa kantong plastik yang diperlukan untuk keperluan kurban di satu kota?

"Sayang banget kalau Hari Raya Iduladha yang harusnya jadi hari baik, ini malah menghasilkan sampah plastik yang banyak," ujarnya kepada Beritabaik.id, Rabu (22/7/2020).

Aksi baik yang menghadirkan kolaborator lainnya seperti Ranah Bhumi dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik ini merupakan edisi kedua. Sebelumnya, Patungan Besek pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 silam. Mega menuturkan, kesadaran dan antusias masyarakat terhadap pengurangan kantong plastik terhitung cukup tinggi.

Pasalnya, pada penggalangan dana edisi perdana tahun 2019 silam, aksi ini menjadi viral dan banyak orang yang kemudian bergabung di dalamnya.

Untuk tahun 2020 ini, pendistribusian 'Patungan Besek' akan berlangsung di beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Bandung dan Tasikmalaya, di Jakarta dan di Yogyakarta. Selain itu, Patungan Besek juga berkolaborasi dengan perajin bambu di wilayah Tasikmalaya dan Yogyakarta dalam membuat besek yang akan didistribusikannya.



Baca Ini Juga Yuk: Mau Beli Hewan Kurban? Perhatikan Ini Dulu Ya!

Soal harga patungan, kamu bisa menyisihkan dana sebesar Rp35 ribu melalui platform kitabisa.com. Lebih lanjut, Mega menyebutkan, nominal tersebut telah mencakup 10 besek, kertas, dan juga tali bambu agar besek bisa digantung dan tidak memerlukan lagi kantong plastik.

"Sempet ada perdebatan juga, mau pakai kertas atau enggak? Karena takut jadi nyampah. Akhirnya kita setuju pakai kertas, karena di dalam kertas itu kita selipkan unsur edukasi juga untuk masyarakatnya," terang Mega.

Pada edisi keduanya, kolektif patungan ini menargetkan 30 ribu besek terkumpul dan terdistribusi. Namun, berkaca pada situasi pandemi seperti sekarang, jumlah tersebut kemudian turun menjadi 14.600 besek saja.

Mengenai upaya diet plastik, Mega menyebut aksi ini perlu dilakukan mengingat dampak buruk sampah plastik terhadap lingkungan yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain itu, dengan adanya acara Patungan Besek ini, para perajin bambu di daerah pun ikut terkena dampak positifnya. Ya, dengan banyaknya pesanan kerajinan bambu, para perajin ini otomatis mengalami peningkatan dari segi ekonomi.

"Kita masih punya kearifan lokal yang lebih ramah lingkungan, dan bisa menggantikan peran plastik kok. Jadi, kenapa enggak?" ujar Mega.

Apabila kamu tertarik untuk berdonasi, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @pahlawanbencana untuk bisa diarahkan langsung ke kanal donasi di platform kitabisa.com. Namun, apabila kamu hendak berdonasi atas nama lembaga atau kolektif, kamu bisa mengirimkan donasimu melalui rekening bank Pahlawan Bencana.

Sebagai pamungkas, Mega berharap aksi baik ini dapat dilakukan oleh wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Ia juga menyebut rencana aksi baik lainnya yang sedang dibuat oleh Pahlawan Bencana adalah memberikan edukasi terkait penanganan bencana, khususnya di wilayah Bandung Raya.

"Atau mungkin ke depannya akan bikin inisiasi patungan lagi, untuk bantu panitia kurban dan memberikan edukasi juga untuk mereka," tutupnya.

TemanBaik, di hari baik nanti, selain menebar kebaikan dengan berkurban, yuk kita juga menyayangi lingkungan dengan menekan penggunaan plastik, ya. Semoga sehat selalu!

Foto: Istimewa/dok. Pahlawan Bencana
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler