MyFundAction, Jalankan #AksiBaik dengan Nilai Islami

Bandung - TemanBaik, sebagai generasi muda sudah sepatutnya kita gemar berbuat aksi kebaikan. Tidak hanya melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, tapi tentu harus bermanfaat pula untuk diri kita sendiri.

Seperti beragam aksi baik yang dilakukan oleh komunitas MyFundAction Indonesia. Komunitas yang lahir sejak tahun 2017 ini awalnya bernama Generasi Bermanfaat dan bergerak di bawah Yayasan Dana Kebajikan Muslim Malaysia (YDKMM).

"2019 akhir ada rebranding dari Malaysia, karena tujuannya sudah untuk internasional bukan per negara. Jadilah sejak Februari 2020 semua namanya menjadi MyFundAction tapi ditambahkan nama negara masing-masing," ujar Rum, HR Manajer MyFundAction Indonesia.

MyFundAction memiliki fokus terhadap perkembangan generasi muda dalam tiga aspek, yaitu sosial, bisnis, dan akademik berdasarkan nilai islam. Saat ini MyFundAction juga sudah tersebar di beberapa negara loh, TemanBaik, yaitu Malaysia, Indonesia, Jepang, Afrika, hingga New Zealand.

Seperti tujuan awalnya untuk rebranding, tentu MyFundAction mempunyai beberapa program yang dijalankan bersama oleh setiap negara, seperti mualaf center dan bantuan musim dingin untuk para pengungsi di Suriah.

"Tapi ada juga proyek yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan di setiap negara," tambah Rum.


Baca Ini Juga Yuk: CidCo Bandung, Ajak Teman Disabilitas untuk Terus Berkarya

Di Indonesia sendiri, kegiatan MyFundAction lebih banyak berfokus pada aksi sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Tentu dengan melibatkan banyak anak muda dari seluruh wilayah di Indonesia.

Salah satu proyek terbesar MyFundAction Indonesia adalah Qurban Care for Ummah (QC4U), program ini mengajak masyarakat untuk membuat tabungan kurban yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Nantinya saat idul adha, hewan kurban ini akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

"Fokus kita saat ini tabungan kurban akan disalurkan ke Desa Mualaf di Lembang dan Cianjur, karena di sana jarang ada kurban. Sekalinya kurban hanya bisa dua kambing, dan harus dibagi ke 300 kepala keluarga," terang Rum.

Selain itu ada pula proyek pembangunan rumah layak huni, bantuan bencana alam, dan pembagian sembako yang berisi kebutuhan pokok satu bulan penuh untuk setiap keluarga.

Membungkus aspek sosial, bisnis, dan akademik dengan nilai islami merupakan ciri khas dari komunitas MyFundAction. Setiap minggunya komunitas ini rutin membuat taklim dengan para relawan yang bergabung.

"Kita juga rutin mengadakan kelas bimbingan dari pusat (Malaysia) bersama seluruh relawan. Ini bagian dari aspek edukasi, karena pendidikan gak harus formal tapi ada kemampuan lain yang diasah seperti kelas marketing, desain, dan public speaking," tambah Rum.


Program Kebaikan Ramadan dan Lebaran
Memasuki bulan suci Ramadan, MyFundAction Indonesia membuat program SIFU (Special Iftar for Ummah). Melalui program SIFU ini, My FundAction bersama sepuluh komunitas sosial akan membagikan 10.000 paket makanan berbuka di wilayah Bandung dan sekitarnya.

"Kebanyakan kita sebar di masjid dan fokus ke kampus-kampus. Jadi ada di Masjid Al-lathiif, Masjid Lautze, Masjid Salman, masjid kampus Telkom, dan Unpad. Juga ke Desa Mualaf di Lembang," terang Rum.

Para relawan dalam program SIFU diberi nama SIFU Ranger. Mereka bukan hanya diajak turun ke jalan untuk membagikan makanan berbuka, namun juga akan mengikuti berbagai program virtual selama ramadan.

"Jadi nanti pemuda di seluruh Indonesia bisa ikut. Kita akan ada webinar dengan tema aspek sosial, bisnis, dan akademik, kelas tahsin, dan ramadan challenge yaitu menjalankan ibadah sunah saat ramadan," tambah Rum.

Tidak hanya itu, menjelang hari raya lebaran, MyFundAction juga akan memberikan hadiah lebaran untuk para mualaf nih, TemanBaik.

Setahun sejak berdirinya, MyFundAction Indonesia memang masih berkegiatan di Bandung dan sekitarnya. Namun Rum berharap kedepannya relawan MyFundAction bisa ada di seluruh Indonesia agar lebih mudah untuk membantu sesama.

"Harapannya MyFundAction bisa menjadi wadah kebaikan bagi anak muda. Bersama mengeluarkan potensi yang bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga masyarakat," tutup Rum saat diwawancarai Beritabaik.id

Foto: Dok. MyFundActions

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler