Ide Masakan Berbahan Daging untuk Idul Adha

Bandung - Hari Raya Idul Adha akan segera tiba, itu artinya menu santap akan dihiasi dengan masakan berbahan daging sapi ataupun daging kambing. Pada hari Idul Adha, tradisi membakar satai bersama keluarga juga menjadi momen yang seru dan sayang untuk dilewatkan. 

Nah, sebenarnya tidak hanya satai namun ada banyak menu lezat yang bisa kamu kreasikan dengan daging lho. Biar TemanBaik dan keluarga enggak bosan dengan olahan daging yang itu itu saja, simak menu berbahan daging berikut yang bisa jadi inspirasi menu daging di Hari Raya Idul Adha.

Gulai
Gulai adalah masakan khas Pulau Sumatera yang kaya akan rempah-rempah. Terdapat aneka rempah dalam menu yang satu ini, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, cabai, serai, daun jeruk hingga daun salam. Selain itu, gulai juga menggunakan santan sebagai bahannya, sehingga membuat rasanya gurih dan lezat. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyantap menu ini dengan lontong dan emping.

Tongseng 
Tongseng adalah menu yang dapat dipilih untuk membuat daging jadi tidak biasa di hari Idul Adha. Tongseng adalah sajian yang menyerupai gulai namun dengan bumbu yang lebih tajam, meski begitu ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Jika tidak ada aturan khusus daging apa yang digunakan untuk gulai, tongseng justru mengutamakan daging yang masih melekat pada tulang seperti tulang iga dan tulang belakang. 

Rasanya yang lezat, kuahnya yang kental serta sayuran yang melengkapi akan semakin membuat cita rasa menu khas Indonesia yang satu ini semakin memanjakan lidah dan perut. 


Kerengsengan
Kerengsengan adalah menu khas Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta yang dimasak dengan potongan kambing yang kecil-kecil. Daging yang telah dipotong kemudian diberi aneka bumbu yang telah dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, gula dan pala. Ketika akan matang, keresengan ditambah kecap sehingga membuat rasanya semakin lezat.

Sop
Bagi kamu yang kurang menyukai masakan berbahan santan, maka membuat daging menjadi sop adalah pilihan yang tepat. Tulang dari sisa potongan pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu dan ditambahkan dalam sop. Tidak hanya orang tua, anak-anak juga pasti akan menyukai menu sop yang lezat dan tentunya bergizi ini.

Martabak
Daging juga bisa kamu racik menjadi camilan keluarga yang lezat! Kamu bisa membuat martabak dengan isian daging sapi atau daging kambing. Cara membuatnya pun persis seperti ketika kamu memasak martabak pada umumnya, yang berbeda adalah menganti bagian isiannya dengan daging kambing atau sapi yang dicincang.

Steak
Selanjutnya ada menu dari western yang bisa kamu buat dengan bahan daging sapi atau kambing. Yap, kamu bisa mengolah daging menjadi steak. Bumbu yang digunakan dan cara mengolahnya pun tidak berbeda dengan steak pada umumnya. Untuk dagingnya, kamu bisa menggunakan bagian daging kambing atau sapi has luar (sirloin) karena memiliki sedikit lemak. Bagian sirloin juga memliki tekstur yang empuk sehingga memudahkan untuk diolah menjadi steak.  

Setelah membaca menu daging sapi dan kambing di atas, kira-kira besok mau masak apa nih TemanBaik?

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler